Gubernur: Petugas Haji Itu Melayani, Bukan Dilayani

img
Gubernur Arinal Djunaidi bersama Petugas Haji Daerah dan petugas Kloter

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi meminta petugas haji daerah (PHD) dan petugas kloter untuk fokus melayani jemaah. 

Apalagi, menurut Arinal, tahun ini, ada 353 jemaah calon haji (JCH) yang sudah lanjut usia (lansia). 

"Petugas haji daerah itu untuk melayani jemaah. Jadi jangan minta dilayani," kata Arinal saat membuka Sosialisasi Pelatihan dan Pembinaan Pelayanan Petugas Kloter dan PHD dalam penyelenggaraan Ibadah Haji di Golden Tulip, Senin (15-5-2023).

Gubernur menegaskan, PHD tidak hanya sekedar melaksanakan ibadah haji, tetapi harus melayani jemaah dengan baik.

"Jangan hanya mencari celah untuk naik haji. Tetapi harus bisa melayani. Ini harus dipahami," tegasnya.

Karena itu, Arinal berharap, melalui kegiatan sosialisasi tersebut, dapat meningkatkan kualitas pelayanan petugas kloter dan PHD dalam melaksanakan tugasnya.

"Pelatihan dan pembinaan ini akan membekali para petugas dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Sehingga, bisa melani dengan optimal," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Arinal juga meminta agar kabupaten/kota menyiapkan transportasi dan konsumsi serta akomodasi bagi JCH dari masing-masing daerah.

Kanwil Kemenag juga diharapkan bisa membagi kloter jemaah perdaerah dengan memperhatikan jumlah kuota. "Sehingga tidak ada jemaah sesama kabupaten/kota yang terpisah," jelasnya.

Selain itu, gubernur juga minta tim kesehatan agar mengantisipasi masalah seluruh jemaah. (**)










Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos