Metro Susun Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJPD 2025-2045

img
Satuan kerja di Pemkot Metro membahas Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis KLHS RPJPD.

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro menggelar pertemuan untuk menyusun dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Pertemuan yang dihadiri instansi terkait itu,
Dipimpin Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, pertemuan dihadiri instansi terkait dan berlangsung di ruang sekretariat daerah setempat, Rabu 17 Mei 2023.

Bangkit mengharapkan ke depan dapat membangun Kota Metro berdasarkan dokumen KLHS RPJPD. Karena itu, dia menilai, KLHS merupakan langkah penting dan strategis sebagai prinsip pembangunan berkelanjutan telah terintegrasi,

“Hal ini merupakan salah satu amanat yang bersifat mandatori bagi seluruh pemerintah dari pusat sampai daerah. Sebagaimana tercantum dalam peraturan perundang-undangan yang salah satunya UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Ardah, mengungkapkan Penyusunan KLHS RPJPD Kota Metro 2025-2045 berdasarkan Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup disebutkan bahwa Pemerintah Daerah wajib membuat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), untuk memastikan bahwa misi pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintergrasi dalam pembangunan suatu wilayah atau kebijakan terencana dan terprogram.

“Pemerintah Kota Metro akan menyusun pembangunan jangka panjang daerah 2025-2045 sesuai dengan Pasal 19 ayat (1) UUD Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD bahwa kajian strategis merupakan cangkupan harian dalam rancangan RPJMD," terangnya.

Diungkapkannya juga, tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda internasional yang menjadi tujuan kelanjutan pembangunan disusun oleh perserikatan bangsa-bangsa dengan melibatkan 194 negara dan berbagai pelaku ekonomi dari seluruh penjuru dunia.

“Agenda ini di buat untuk menjawab tuntunan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan pada tanggal 25 September 2015 dan terdiri dari 17 tujuan global yang dijadikan tututan kebijakan dan pendanaan untuk 15 tahun ke depan agar dapat tercapai pada tahun 2030,” ucapnya.

Ardah memaparkan bahwa maksud Penyusunan KLHS RPJPD Kota Metro 2025-2045 Kota Metro, untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan telah diintergrasikan dalam kebijakan perencanaan dan global RPJPD dengan tujuan untuk menyediakan KLHS yang dapat memberikan pandangan yang konprehensif pada arahan kebijakan dan program yang tertuang pada RPJPD berdasarkan capaian tujuan berkelanjutan dan kondisi lingkungan Kota Metro.

“Serta menyediakan tata pendisiplinan jasa ekosistem untuk penyusunan KLHS merupakan perencanaan, pembangunan dan pelayanan pimpinan yang mempunyai sasaran yang dicapainya yaitu tersusunnya KLHS RPJPD 2025-2045," ungkapnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos