Pemkot Metro Maksimalkan Peran Pokjanal Posyandu

img
Ketua Pokjanal Posyandu Kota Metro Supriyadi

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro akan memaksimalkan peran Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu)

Ketua Pokjanal Posyandu Kota Metro Supriyadi mengatakan, perlu adanya aturan dan tugas yang jelas terkait Pokjanal Posyandu.

“Tim Pokjanal Posyandu mempunyai mimpi yang besar. Salah satunya masalah stunting yang dapat diselesaikan di posyandu," kata Supriyadi, Senin (29-5-2023). 

Dia melanjutkan, penyelesaian masalah stunting itu, sesuai dengan yang disampaikan Menteri Kesehatan,

bahwa ada enam transformasi di bidang kesehatan: u salah satunya posyandu. Karena itu, diperlukan kerjasama yang baik untuk dapat membangkitkan dan memaksimalkan pemberdayaan posyandu dalam memberikan pelayanan yang terintegrasi.

Supriyadi mengajak pengurus Pokjanal Posyandu turut dalam menangani penurunan stunting bekerjasama antar lintas sektor.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Lampung Ibnu Walidin berharap, Pokjanal Posyandu dapat lebih berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

“Pokjanal posyandu adalah milik semua lintas sektoral bukan hanya dinas kesehatan, tetapi dinas-dinas yang lain dapat berperan aktif sehingga nanti terjadi percepatan akselerasi dan terobosan-terobosan baru," harapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro, Budiyono berharap, Pokjanal Posyandu memberikan manfaat yang semakin dirasakan oleh masyarakat.

“Posyandu sebagai lembaga kemasyarakatan kelurahan merupakan mitra kerja pemerintah sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri No. 18 Tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa," ungkapnya.

Sebagai mitra pemerintah, posyandu menjadi wadah partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, khsusnya di bidang kesehatan.

Budiyono yang juga menjabat sebagai Sekertaris Pokjanal Posyandu Kota Metro memaparkan, posyandu merupakan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.

“Perkembangan posyandu semakin baik dan akan berdampak besar terhadap kualitas hidup masyarakat. Untuk itu dibutuhkan perhatian dari kita semua," jelasnya.

“Semoga ada singkronisasi terbuka wawasan dan ide-ide, serta inovasi yang akan memunculkan program yang berguna bagi perkembangan posyandu kedepannya," harapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos