Gubernur Arinal Dijadwalkan Lepas Peserta PENAS Petani Nelayan ke Padang

img
Gubernur Arinal Djunaidi bersama Ketua KTNA Lampung Hanan A Rozak

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dijadwalkan melepas kontingen Provinsi Lampung untuk mengikuti Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI yang akan digelar di Padang Sumatera Barat pada 10 Juni 2023. Dalam kegiatan nasional ini, KTNA Provinsi Lampung mengirim kontingen  sebanyak 567 orang.

Hal itu dijelaskan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Lampung Ir. H. Hanan A Rozak, MS, menjelang PENAS Petani Nelayan di Padang Sumatera Barat, Rabu (7-6-2023).

Hanan Rozak yang juga anggota DPR RI ini menjelaskan, kontingen PENAS Petani Nelayan dari Lampung sebanyak 567 orang terdiri peserta utama, peninjau dan pendamping.

Sesuai jadwal, lanjut Hanan, Gubernur Ir. Arinal Djunaidi akan melepas langsung kontingen PENAS Petani Nelayan Lampung, pada Kamis 8 Juni 2023 di Mahan Agung. Hanan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Arinal Djunaidi yang memberi dukungan penuh kepada KTNA Lampung dalam mengikuti PENAS Petani Nelayan 2023 di Padang. Hanan juga mengucapkan terima kasih kepada bupati/walikota yang telah mendukung kegiatan KTNA kabupaten/kota.

Hanan melanjutkan, PENAS Petani Nelayan 2023, dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggungjawab serta kemandirian petani nelayan dan petani di sekitar kawasan hutan dalam meningkatkan pembangunan pertanian dan perikanan

Kegiatan ini merupakan pertemuan kontaktani nelayan yang digagas oleh para tokoh tani nelayan sejak Tahun 1971. Melalui PENAS tersebut petani dan nelayan berkesempatan untuk saling mengisi dalam upaya memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani nelayan. Karena itu, dalam kegiatan ini akan diadakan berbagai lomba bidang pertanian dan perikanan.

PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2023, seperti Penas-Penas sebelumnya, merupakan wahana bagi para petani nelayan dan petani hutan seluruh Indonesia untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar- menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan. 

Tema Penas Petani Nelayan "Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045".

Kegiatan Penas dilaksanakan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sutan Sjahrir Jalan Prof. Dr. Hamka Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. (*)


Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment