Besok Pagi, Kloter 49 CJH Lampung Bertolak ke Tanah Suci

img
Kloter 49 CJH Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kelompok terbang (kloter) 49 calon jemaah haji (CJH) Lampung berangkat ke tanah suci besok, Senin 12 Juni 2023.

Jemaah yang tergabung dalam kloter itu berasal dari Kota Bandarlampung dan Kabupaten Tanggamus sebanyak 393 orang.  Rombongan memasuki Asrama Haji di Rajabasa Bandarlampung, pada hari ini, Minggu 11 Juni 2023.

Berdasarkan data, 393 orang itu terinci 286 jemaah dari Bandarlampung, 89 jemaah Tanggamus, tiga Petugas Haji Daerah (PHD), lima petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), lima orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), serta 5 orang petugas kesehetan.

Koordinator Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Alifah menjelaskan kloter 49 CJH Lampung itu akan melakukan beberapa tahapan administrasi sebelum terbang ke Jakarta.

Dijelaskan, selama di Asrama Haji Rajabasa, jemaah akan dilakukan registrasi. Seperti penyerahan surat panggilan masuk asrama (SPMA), pembagian living cost, pembagian gelang dan nomor kamar, penyerahan paspor dari Imigrasi, pembagian nomor duduk penerbangan dan obat-obatan.

"Nanti pukul 24.00 WIB akan dilakukan persiapan jemaah seperti x-ray barang. Setelah steril, pukul 03.00 jemaah berangkat ke Bandara Raden Inten menggunakan bus. Lalu jam 04.00 terbang menuju Jakarta," jelas Alifah kepada harianmomentum.com, Minggu (11-6-2033).

Dia menambahkan, pihaknya mengupayakan agar jamaah tidak transit di Jakarta.

"Diupayakan agar tidak transit, agar mereka tidak terlalu lelah. Jadi begitu sampai Jakarta langsung terbang menuju kota Jeddah," kata dia.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Lampung Ria Andari menyampaikan harapannya agar perjalanan ibadah haji jemaah Provinsi Lampung lancar dan kembali ke tanah air dengan sehat.


"Dengan pelayanan terbaik yang diberikan, baik dari kanwil kemenag dan pemerintah provinsi mudah-mudahan ibadah haji para jemaah lancar dan menjadi haji yang mabrur," kata Ria.

Serta, lanjut dia, mengingat jemaah tahun ini didominasi usia lanjut, ia pun berharap para petugas haji untuk dapat lebih ekstra memberikan pelayanan kepada jemaah lansia.

"Pantauan dari kami selama ini mungkin ada hambatan sedikit, namun semua itu masih bisa teratasi. Bissmillah semoga lancar," tutupnya.

Senada juga disampaikan Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Emberkasi Antara Provinsi Lampung Marwansyah, yang mengharapkan kelancaran proses ibadah haji CJH kloter Emberkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) 49 Lampung.

"Pada pemberangkatan ini, kita berharap jemaah kloter JKG 49 dapat melaksanakan rukun sunnah dan wajib tanpa ada halangan suatu apapun. Serta kesehatan para jemaah tetap terjaga, pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," tuturnya.

Dia juga menekankan kepada para petugas untuk selalu memperhatikan dan mengutamakan jemaah lansia.

"Tentunya sesuai dengan tagline tahun ini, 'Jemaah Haji Ramah Lansia'," ungkapnya.

Selain itu, ungkapan rasa syukur diungkapkan salah satu jemaah lansia dari Bandarlampung, Manyuda Cik Nang (70) yang berkesempatan berangkat ke tanah suci tahun ini meski sempat tertunda pada tahun lalu.

"Alhamdulillah tahun ini saya masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan sehingga bisa menunaikan ibadah haji. Karena tahun lalu sempat tertunda," kata Manyuda.

Dia mengatakan pelayanan yang diberikan para panitia petugas haji layaknya seperti orang tua dengan anak.

"Kita ini kan orang tua, yang fisiknya sudah lemah. Tapi beruntungnya disini panitia memberikan pelayanan sudah seperti anak kita sendiri," terangnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos