Pemkot Metro Gelar Gerakan Aksi Bergizi

img
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin membuka Gerakan Aksi Bergizi, di halaman SMKN 1 Metro

MOMENTUM, Metro--Dinas Kesehatan Kota Metro menggelar acara Gerakan Aksi Bergizi, Rabu (14-6-2023). Kegiatan yang dipusatkan di halaman SMK Negeri 1 Metro itu, antara lain dilaksanakan dalam bentuk: senam pagi dan sarapan bersama.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengapresiasi terselenggaranya kegiatan yang bertujuan menekan kasus anemia (gangguan gizi yang memicu penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh) pada remaja itu.  

"Pemerintah terus melakukan berbagai upaya penyeimbangan gizi terhadap masyarakat, khususnya remaja, diantaranya dengan fortifikasi pangan dan pemberian tablet tambah darah," kata Wahdi saat membuka kegiatan tersebut.

Dia menerangakan, dalam riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan, prevalensi anemia pada anak usia 5-14 tahun sebesar 32 persen atau  3 dari 10 anak Indonesia mengalami anemia.

"Hasil Riskesdas pada tahun 2018 juga menunjukkan proporsi remaja putri yang memperoleh tablet tambah darah dalam 12 bulan terakhir di sekolah, mencapai 76,2 persen. Namun, hanya 1,4 persen yang mengkonsumsi sesuai anjuran," terangnya. 

Sebab itu, lanjut Wahdi, Pemkot Metro berkomitmen memenhui kebutuhan gizi masyarakat untuk keseimbangan program pembangunan di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kepala sekolah SMK Negeri 1 Metro,Fahrisya menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Metro yang telah mempercayakan sekolah tersebut sebagai tuan rumah Gerakan Aksi Bergizi.

"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaannya untuk menyelenggarakan Gerakan Aksi Bergizi ini. Mudah-mudahan kegiatan ini akan semakin memotivasi para pelajar untuk menjaga kesimbangan gizi," harapnya.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos