Disbunak Pesawaran Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup

img
Salah satu lapah hewan ternak untuk kebutuhan Hari Raya Kurban di Kabupaten Pesawran

MONENTUM, Gedongtataan--Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pesawaran mendata jumlah ternak pada sejumlah lapak hewan kurban.

Dari hasil pendataan itu, Disbunak Pesawaran menyatakan, stok ketersediaan hewan ternak: sapi, kambing, kerbau dan domba mencukupi untuk memenuhui kebutuhan Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1.444 Hijriyah.

"Untuk sapi ada lebih kurang 840 ekor, kerbau 55 ekor, kambing 2.100 ekor, serta domba 115 ekor," kata Kepala Disbunak Pesawaran Dedy Noviansyah, Senin (19-6-2023).

Selain itu, Disbunak Pesawaran juga telah menyiapkan 46 orang yang terbagung dalam tim satuan tugas pemantau kesehatan hewan kurban.

"Dari 46 anggota tim satgas tersebut, kita bagi untuk sebelas kecamatan. Paling banyak di Kecamatan Tegineneng, Negerikaton dan Kecamatan Gedongtataan," terangnya.

Tim satgas tersebut, dibentuk untuk memastikan kondisi hewan ternak yang akan disembelih pada hari raya kurban, benar-benar sehat. Tidak terjangkit penyakit berbagai penyakit, seperti lumpy skin disease (LSD) dan penyakit pestedes petits ruminants (PPR).

"Tim satgas juga melakukan sosialisasi kepada para peternak hewan kurban untuk mengantisipasi serangan penyakit LDS dan PPR," jelasnya.

Tim satgas tersebut bertugas melakukan pengawasan dari sepuluh hari jelang Idul Adha hingga pemotongan hewan kurban. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos