Pj Bupati dan Ketua DPRD Panen Raya Cabai Rawit Merah di Sumberjaya

img
Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Nukman dan Ketua DPRD Edi Novial panen raya cabai merah di Sidangpagar, Sumberjaya.

MOMENTUM, Sumberjaya--Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Nukman bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Edi Novial melakukan panen raya cabai rawit merah bersama petani Kecamatan Sumberjaya dan Kebuntebu, Selasa (1/8/2023).

Sebelum panen cabai milik Sutarman di Pekon Sindangpagar, Sumberjaya, Nukman menyerahkan secara simbolis 750 bungkus benih cabai rawit dan 750 botol pupuk organik cair untuk 31 kelompok tani di Kecamatan Sumberjaya dan Kebuntebu.

Nukman mengatakan bantuan tersebut diharapkan menjadi stimulus dan penyemangat bagi petani dalam membudidayakan cabai rawit.

Dijelaskan, dengan ketinggian 50 hingga 1000 meter di atas permukaan laut (MDPL) menjadikan Kabupaten Lampung Barat memiliki morfologi yang beragam mulai dari dataran rendah sampai dengan perbukitan.

"Kondisi iklim basah Kabupaten Lampung Barat menjadikan daerah yang cocok ditanami berbagai komoditas pertanian," sebutnya.

Lampung Barat menjadi salah satu produsen berbagai jenis komoditas pertanian khususnya holtikultura (sayuran, buah dan biofarmaka) yang dipasok ke dalam maupun luar Provinsi Lampung.

Oleh karena itu, dia mengatakan tanaman cabai merah yang ada di Pekon Sindangpagar tersebut diharapkan sebagai percontohan yang bisa ditiru oleh masyarakat Lampung Barat agar bisa melakukan penanaman hortikultura dengan cara yang efektif.

"Kita hari ini melakukan panen raya cabai merah, dan ini hasilnya sudah lumayan, mudah-mudahan hasilnya dapat menopang kesejahteraan  masyarakat," sebutnya.

Terakhir, ia berpesan kepada petani yang berada di Lampung Barat agar harus bersatu padu dan tolong menolong dengan harapan menjadi petani yang tangguh dan maju sehingga terciptanya kesejateraan bagi masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan itu, sejumlah kepala dinas/instansi, camat, peratin, dan masyarakat setempat. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos