Pohon di Halaman Dinas Pendidikan Lambar Tumbang Timpa Warung

img
Pohon di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat tumpang pagi tadi.

MOMENTUM, Liwa --  Satu batang pohon di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tumbang akibat terpaan angin kencang yang terjadi sejak pagi, Selasa 12 September2023.

Pohon yang tumbang sekitar pukul 11.00 WIB itu, mengakibatkan akses jalan di lingkungan kantor tersebut tertutup. Selain itu, dahan pohon juga menimpa warung yang terletak tidak jauh dari pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa mewakili Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar Padang Prio Utomo mengatakan, kondisi di wilayah Kecamatan Balikbukit tengah dilanda angin kencang.

Dengan itu pihaknya meminta masyarakat untuk selalu berhati-hati serta waspada akan adanya kejadian pohon tumbang. Khususnya yang hendak melakukan perjalanan namun rutenya melintasi pepohonan di kiri dan kanan bahu jalannya.

"Akibat adanya tiupan angin kencang di wilayah Kecamatan Balik Bukit dan sekitarnya yang terjadi pada siang hari mengakibatkan pohon tumbang dan menutupi seluruh badan jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas kendaraan di sekitar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lambar," katanya.

Dikatakan Mekal, pihaknya bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Lambar langsung melakukan penanganan dan evakuasi pohon tumbang dimaksud. Evakuasi berjalan lancar memakan waktu kurang lebih 40 menit sampai selesai.

"Penanganan pohon tumbang dilakukan oleh Satgas BPBD bersama DLH Lambar dengan membersihkan dan memotong ranting pohon yang tumbang menggunakan chainsaw, golok dan peralatan manual lainnya. Sekitar 40 menit puing-puing pohon telah dapat dibersihkan dan lalu lintas kendaraan di lokasi kembali normal," katanya.

Sementara, lanjut Mekal, untuk penataan dan penanganan lebih lanjut akan dilakukan oleh tim DLH Lambar. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos