Gelar GPMS, Waykanan Dukung Upaya Stabilitas Ketahanan Pangan

img
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menyerahkan bantaun sembako

MOMENTUM, Umpusemenguk--Perkembangan data harga pangan strategis saat ini menunjukkan kenaikan harga yang signifikan terhadap komoditas pangan pokok, terutama beras. Kondisi tersebut menyebabkan inflasi yang mempengaruhi penurunan daya beli masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya saat mencanangkan Kegiatan Gerakan Pangan Murah Serenta (GPMS),di Lapangan Balai Kampung Sidoarjo Kecamatan Umpusemenguk, Senin (16-10-2023).

“Untuk mengendalikan dan mengurangi dampak inflasi sebagai bagian dari upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan, Pemkab Waykanan ikut serta melakukan kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan melalui Gerakan Pangan Mira Serentak," kata bupati.

Salain itu, lanjut dia, kegitan GPMS juga bagian dari peringatan Hari Pangan Sedunia. Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada masayarakat tidak mampu.

Bupati berharap, kegiatan GPMS ini bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pangan, sekaligus menstabilkan harga bahan kebutuhan pangan.

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Waykanan Riva Adi Candra dalam laporannya menyampaikan, kegiatan GPMS diselenggarakan pada 441 lokasi di 260 kabupaten/kota di delapan provinsi. Untuk Provinsi Lampung, selain di Waykanan, kegiatan serupa juga  digelar di Kabupaten Pringsewu, Pesawaran dan Lampung Tengah. 

"Sasaran Gerakan Pangan Murah ini adalah masyarakat umum, dengan penyedia pangan murah terdiri dari Perum Bulog, PT.Rajawali Nusantara Indonesia, PT.Domus Jaya, Pinsar Petelur Nasional serta pedagang cabai dan bawang Pasar Pringsewu," jelasnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos