DPMT Tubaba Bimtek Verifikasi Batas Tiyuh

img
Tim Teknis DPMT Tubaba mengikuti Bimtek Verifikasi Batas Tiyuh

MOMENTUM, Panaragan--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terus memantapkan percepatan penyelesaian batas wilayah tiyuh/desa.

Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan mengikuti Bimbingan Teknis Verifikasi Penetapan Batas Tiyuh. Bimtek berlangsung di Jakarta, 25 sampai 27 Oktober 2023.

Kepala DPMT Tubaba Sofiyan Nur mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan 91, 06 persen proses penetapan dan penegasan batas tiyuh dan kelurahan dari total 607 segmen batas wilayah tiyuh di kabupaten setempat.

"Ada 550 segmen batas yang telah disepakati seratu  tiyuh dan tiga kelurahan. Sisanya, 57 segmen batas masih dalam proses di tingkat tiyuh untuk disepakati," kata Sofiyan.

Menurut dia, dari total 607 segmen batas wilayah yang telah disepakati, 42 tiyuh telah diproses untuk ditetapkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penetapan dan Penegasan Batas Tiyuh.

Kemudian, 31 tiyuh sedang dalam proses verifikasi oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk mendapatkan rekomendasi dan akan segera ditetapkan Perbupnya.

"Kami tim teknis dari tanggal 25 sampai 27 Oktober sedang berada di Jakarta, dalam rangka verifikasi teknis oleh Tim BIG. Mudah-mudahan berjalan lancar dan dapat mendapatkan rekomendasi dari BiG terkait peta batas tiyuh," harapnya. 

Untuk kecamatan yang telah menyelesaikan 100 persen peta batas tiyuh:  Kecamatan Waykenanga dan Kecamatan Tumijajar. Kecamatan lainya sedang diupayakan agar progres penetapan dan penegasan batasnya bisa selesai 100 persen.

"Adapun kendala-kendala dalam proses penetapan dan penegasan batas ini adalah terkait tiyuh-tiyuh yang memiliki wilayah kantong, serta batas tiyuh yang berada dalam kawasan hutan register dan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan," ungkapnya.

"Untuk itu kami mengimbau serta meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar dapat membantu proses percepatan penetapan dan penegasan batas ini, sehingga kedepan batas-batas administratif tiyuh/kelurahan di Kabupaten Tubaba dapat selesai dan tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari," tutupnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos