Jaksa Masuk Sekolah, Antisipasi Tindakan Kriminal di Kalangan Pelajar

img
Jaksa Masuk Sekollah di SMAN 1 Simpang Pematang, Mesuji.

MOMENTUM, Mesuji -- Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) bertujuan melakukan pembinaan hukum agar pelajar tidak terjerumus dalam tindakan kriminal. 

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Mesuji Azy Tyawardhana ketika melakukan program Jaksa Masuk Sekolah di SMAN 1 Simpang Pematang, Kamis 2 November 2023.

Azy Tyawardhana mengatakan, dengan pemahaman hukum yang baik, diharapkan pelajar tidak terjerumus dan terlibat dalam pelanggaran hukum. Seperti tawuran, narkoba, kriminal, radikalisme serta pelanggaran Undang-undang ITE.

"Materi yang paling ditekankan dalam kegiatan ini adalah potensi pelanggaran terhadap undang-undang informasi transaksi elektronik/ UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik," terangnya

Azy menambahkan, pemahaman ini penting agar para pelajar tidak melanggar UU dan bermedia sosial dengan baik. Karena pelanggaran yang paling banyak dikalangan pelajar dalam bermedia sosial itu pelanggaran pencemaran nama baik, seperti saling menghina dan menjelekkan orang lain.

"Melalui kegiatan ini dapat dijadikan bahan pembelajaran untuk memperluas wawasan dalam menambah pengetahuan, mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai kejujuran bagi para pelajar, sehingga dapat membentuk karakter yang berbasis hukum," jelasnya

Sementara Kepala SMAN 1 Simpang Pematang Yunita Sari menyambut baik kegiatan yang diadakan  kejaksaan. Karena dapat memberikan pemahaman hukum terhadap pelajar sehingga dapat lebih sadar hukum.

"Kami pihak sekolah sangat mengapresiasi atas kunjungan Kejari Mesuji. Dalam program ini bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang, serta juga mengenal lembaga Kejaksaan dan tugasnya dikalangan pelajar. Kegiatan ini untuk membekali peserta didik pengetahuan tentang hukum sejak dini, sehingga secara tidak langsung mengajarkan untuk tak melanggar hukum dan peraturan," ujarnya

Dalam kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini, Ketua PWI Mesuji Apriadi ikut memberikan materi tentang produk jurnalistik untuk kalangan pelajar.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama kegiatan penyuluhan hukum oleh Kejari Mesuji. Saya berharap, sinergitas ini selalu terjalin baik," pungkasnya.

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Mesuji, Azy Tyawhardana, Kasi Intel Ardy Herliansyah dan beberapa Jaksa Fungsional mengisi materi serta dihadiri seluruh kepala sekolah. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos