Tubaba Raih Lima Penghargaan

img
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan penghargaan SIKOMANDAN tahun 2023

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) meraih lima penghargaan  dari Pemerintah Provinsi Lampung.

Lima penghargaan terkait kinerjamenyukseskan program Sapi Kerbau Komuditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) dan Penandaan Pendataan Ternak  itu:  Penghargaan Kabupaten fengan Kinerja Program Penandaan dan Pendataan Ternak Terbaik I se-Lampung Tahun 2023,  Kabupaten dengan Kinerja Program SIKOMANDAN Terbaik I se-Lampung Tahun 2023.

Selanjutnya: Penghargaan Kabupaten dengan Kinerja Pelaporan Lahir Ternak Terbaik II se-Lampung Tahun 2023, Kabupaten dengan Kinerja Pelaporan dan Verifikasi Program Penandaan dan Pendataan Ternak Terbaik II se-Lampung Tahun 2023, serta Penghargaan Kabupaten dengan Kinerja Pemeriksaan Kebuntingan (PKb) Program SIKOMANDAN Terbaik I se-Lampung Tahun 2023.

Penghargaan itu diserahkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tubaba Nazaruddin. Penyerahan penghargaan berlangsung pada  Rapat Koordinasi Evaluasi SIKOMANDAN dan Penandaan Pendataan Ternak Provinsi Lampung, di Ballroom Hotel Golden Tulip, Bandarlampung, Rabu (29-11-2023).

Dalam rakor tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi menyebutkan, target populasi ternak sapi dan kerbau di Lampung bisa mencapai satu juta ekor pada tahun 2025. 

"Saat ini, populasi sapi dan kerbau di Lampung telah mencapai 916 ribu ekor dengan produksi daging 21 ribu ton," katanya.

Menurut Arinal, Lampung memiliki sumberdaya dan potensi untuk menjadi lumbung ternak nasional. Karena itu, gubernur berharap, melalui Rakor tersebut bisa menjadi ajang evaluasi dalam pelaksanaan program-program pemerintah, khususnya dalam peningkatan populasi ternak.

"Tentunya ini juga didukung dengan kebijakan serta anggaran yang bersinggungan langsung dengan peternak. Salah satunya Program SIKOMANDAN," jelasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tubaba Nazaruddin mengatakan,  penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan sinergitas antar bidang di lingkup dinas tersebut. Terutama para  petugas lapangan sebagai ujung tombak, serta instansi terkait dengan berkolaborasi bersama masyarakat khususnya para peternak.

"Dengan adanya penghargaan ini menunjukkan bahwa Kabupaten Tulangbawang Barat, baik dinas maupun stakeholders terkait mampu mendukung peningkatan populasi serta produksi sapi dan kerbau di Provinsi Lampung," kata Nazaruddin mewakili Penjabat Bupati Tubaba Muhammad Firsada.

Dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk mensukseskan program SIKOMANDAN: memanfaatkan teknologi Inseminasi Buatan, dengan menggunakan semen unggul (straw), bukan saja dapat meningkatkan potensi genetik dari turunannya tetapi juga dapat mengoptimalkan produksi ternak menjadi lebih nyata.

"Teknologi ini perlu diterapkan dan disosialisasikan kepada peternak dan pelaku agribisnis peternakan," katanya.

Selain itu, melalui kegiatan penandaan dan pendataan ternak dimasyarakat, dapat mendukung optimalisasi pelaksanaan SIKOMANDAN dan Vaksinasi terhadap hewan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah populasi hewan, status reproduksi, dan distribusi melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

"Berdasarkan hasil penandaan dan pendataan ternak tahun 2023 diperoleh populasi ternak sapi Tubaba berjumlah 29.284 ekor," ungkapnya.

Nazaruddin menjelaskan, dengan rencana daerah Kabupaten Tubaba  kedepan akan dijadikan sentra ternak atau Wilayah Sumber Bibit. Karena itu, diperlukan perhatian besar dalam rangka mensukseskan rencana tersebut, salah satunya dengan mengoptimalkan program SIKOMANDAN dan Penandaan Pendataan Ternak. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos