Pemkab Tubaba Luncurkan Nuwo SIP

img
Peluncuran Program Nuwo SIP dan Gerakan Linmas di Kabupaten Tulangbawang Barat

MOMENTUM, Lambukibang--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Program Nuwo SIP alias Rumah Sehat Indah Produktif dan Gerakan Linmas atau Peduli Rumah Sesama. 

Kedua program tersebut secara resmi diluncurkan Penjabat Bupati Tubaba Muhammad Firsada. Peluncuran berlangsung di Balai Tiyuh/Desa Kibang Trijaya, Kecamatan Lambukibang, Senin (4-12-2023).  

Pj Bupati Tubaba Muhammad Firsada mengatakan, kedua program tersebut bentuk komitmen pemkab dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkelanutan.

"Rumah adalah salah satu hak dasar rakyat. Karena itu setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang layak," katanya.

Melalui program Nuwo SIP, Pemkab Tubaba melakukan intervensi untuk percepatan pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan skema Padat Karya Tunai.

Intervensi percepatan pengentasan RTLH itu dilakukan dalam bentuk bantuan stimulan perbaikan fisik rumah, sekaligus mendorong produktifitas penghuni rumah sesuai potensi yang ada.

"Proses perbaikan rumah program Nuwo SIP ini dilakukan secara swadaya melakui program Linmas atau Peduli Rumah Sesama dengan skema Padat Karya Tunai," terangnya. 

Dia berharap, program tersebut dapat meminimalisir jumlah RTLH di Kabupaten Tubaba sekaligus meningkatkan produktifitas keluarga dan kepedulian terhadap sesama. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos