Mendag akan Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Tematik di Lumbok Seminung

img
Pj. Bupati Lampung Barat Nukman memimpin rapat di kantor bupati setempat.

MOMENTUM, Liwa -- Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan direncanakan mengunjungi Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Menghadiri pelatakan batu pertama pembangunan Pasar Tematik Lumbok Seminung, di Kecamatan Lumbok Seminung, pada 25 Januari mendatang.

Hal itu disampaikan Pj. Bupati Lambar Nukman saat memimpin rapat di kantor bupati setempat, Kamis 11 Januari 2024. Rapat dihadiri Kodim 0422/LB, Polres Lampung Barat, staf DPRD Lampung Barat, dan seluruh kepala perangkat daerah serta camat.

Nukman mengatakan program pembangunan pasar tematik wisata adalah program strategis pemerintah daerah, bukan program milik dinas.

Oleh karena itu, ia mengharapkan seluruh OPD terkait untuk bahu membahu mensukseskan program pembangunan tersebut.

"Baik dari proses pembangunan sampai dengan pemanfaatannya, khususnya pada Dinas pariwisata, PMP, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian dan Dinas Pendidikan," ungkapnya.

Tentu, kata Nukman, hal itu akan mendukung dalam optimalisasi pembangunan pasar tematik wisata jelajah Danau Ranau sebagai upaya meningkatkan daya tarik wisata.

"Selain itu juga sebagai promosi pemasaran UMKM yang nanti pada akhirnya berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan  masyarakat," katanya.

Karena, menurutnya, dengan bangkitnya kembali sektor pariwisata maka dapat memicu sektor lainnya untuk berkembang sehingga roda ekonomi masyarakat dapat berjalan lebih baik.

Dia mengatakan, dengan adanya pasar wisata dapat menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk-produk unggulan mereka.

“Dengan adanya pasar wisata produk-produk unggulan UMKM dan IKM kerajinan khas Lampung Barat diharapkan dapat menambah daya tarik pada pasar wisata nantinya,” ucapnya.

Perlu dikatahui, pasar tematik ini nantinya akan menggabungkan tiga elemen utama yaitu belanja, wisata dan budaya.

Nukman berharap dengan adanya pasar tematik wisata Lumbok Seminung, ke depannya dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Harapannya pasar tematik ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan, tentu ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat," katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos