Hampir Dipastikan DPR Setuju Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

img
KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto Net

Harianmomentum.com--Presiden Joko Widodo telah menyodorkan nama pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada DPR. KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto adalah nama tunggal yang dipilih Jokowi.

 

Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, Hadi berpotensi disetujui DPR menjadi Panglima TNI. Apalagi Hadi menjadi satu-satunya calon yang diajukan Jokowi. 

"Hampir tidak pernah ya kita menolak. Apalagi kalau calon tunggal kita yakini bahwa Presiden sudah memikirkan matang-matang sekali calonnya," kata Meutya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/12).

Meski menjadi calon tunggal, lanjutnya, Hadi tetap harus mengikuti serangkaian fit and propertest di Komisi I. Dalam fit and propertest itu, jelas Meutya, DPR akan lebih merinci mulai dari track record hingga harta kekayaan sang Masekal. 

"Kalau fit and proper semuanya, termasuk aspek track record, juga laporan kekayaan, itu biasa kita cek semua. Kami sudah terbiasa dan sering komunikasi dengan Pak Hadi. Jadi saya rasa, tidak terlalu ada masalah. Meski demikian tetap nanti secara formal akan ada surat-surat yang harus kita cek, kelengkapan dan track record," paparnya. 

Hingga saat ini, surat dari Presiden Jokowi tersebut masih di pimpinan DPR. Jika surat telah masuk ke Komisi I maka akan segera dilakukan pembahasan. Politisi Golkar itu yakin keputusan dari DPR akan keluar sebelum akhir tahun ini. 

"Kita masih punya waktu dua minggu untuk masa sidang ini, harusnya cukup untuk masa sidang ini. Saya rasa cukup untuk pembahasan di Komisi I," pungkas Meutya. (rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos