Realisasi Investasi di Kabupaten Pesawaran Capai Rp156 Miliar

img
Ilustrasi

MOMENTUM, Gedongtataan--Penanam modal atau investasi di Kabupaten Pesawaran selama tahun 2023 sebesar Rp156,36 miliar. Terbesar dari sektor pertambangan.

Kabid Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesawaran, Tri Suryaningsih mengatakan, realisasi investasi tahun 2023 tersebut hanya 65,56 persen dari target.

"Target invetasi di Kabupaten Pesawaran pada tahun 2023 sebesar Rp238,38 miliar," katanya, Kamis (1-2-2024).

Dari realisasi investasi tersebut, kata dia, sektor pertambangan menjadi penyumbang investasi terbesar di tahun 2023. Nilainya mencapai Rp42,95 miliar atau dengan 27,46 persen dari target.

“Dari nilai investasi tahun ini telah diverifikasi dan berasal dari pusat melalui DPMPTSP Pemprov Lampung,” terang Suryaningsih.

Menurut dia, nilai penanaman modal masih didominasi oleh perusahaan dalam negeri.

Nilai Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) di Pesawaran mencapai 93.82 persen. “Sementara Penanaman Modal Asing (PMA) hanya 6,18 persen,” terangnya.

Mamun, pada jumlah Penanaman Modal pada Usaha Mikro Kecil (PMUMK) jumlah mencapai Rp6,7 miliar di sektor perdagangan, industri makanan, hotel dan restoran.

Dia pun mengungkapkan, ada empat peluang paling terbuka dan dominan di Kabupaten Pesawaran.Yaitu, perumahan, industri makanan, perkebunan dan perternakan serta perikanan.

“Untuk mendukung peluang investasi itu, kami selalu mempromosikan, menyiapkan insentif serta memberikan kemudahan bagi investor,” katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos