Efektifkan Perencanaan Pembangunan, Firsada Gencar Serap Aspirasi Masyarakat

img
Penjabat Bupati Tulangbawang Barat Muhammad Firsada

MOMENTUM, Panaragan--Tujuan utama pembangunan adalah mewujudkan masyarakat adil, makmur, sejahtera. Karena itu, perencanaan program pembangunan harus berdasarkan kepentingan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Penjabat Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Muhammad Firsada gencar menyerap langsung aspirasi masyarakat. Upaya tersebut dilakukan Firsada dengan  menghadiri pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Rembuk Stunting pada seluruh kecamatan di kabupaten setempat.

Teranyar, Firsada menghadiri Musrenbang Kecamatan Lambukibang yang berlangsung di Balai Tiyuh/Desa Tunasasri, Jumat (2-1-2024).

"Musrenbang ini bertujuan menyerap langsung aspirasi masyarakat terkait program pembangunan. Nantinya hasil musrenbang ini akan kembali dibahas dalam kegiatan serupa di tingkat kabupaten," kata Firsada saat membuka musrenbang tersebut.  

Nantinya, lanjut dia, dalam musrenbang tingkat kabupaten akan diformulasikan dan ditetapkan prioritas pembangunan di setiap kecamatan. "Penetapan prioritas pembangunan itu, mengacu pada hasil musrenbang di tingkat kecamatan. Selain itu juga menyesuaikan dengan kondisi anggaran yang tersedia. Jadi tidak semua usulan yang disampaikn dalam musrenbang tingkat kecamatan, bisa langsung direaliasikan," terangnya.

Penetapan program pembangunan dilakukan berdasarkan skala prioritas. "Usulan pembangunan yang bersifat mendesak dan bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat, menjadi salah satu faktor pendukung dalam menetapkan prioritas," jelasnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos