Pengelolaan Anggaran Desa Tirtakencana Dinilai Tidak Transparan

img
Ilustrasi. ist.

MOMENTUM, Panaragan -- Pengelolaan anggaran desa tahun 2023 di Tiyuh/Desa Tirtakencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dipertanyakan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Beberapa tokoh desa setempat saat ditemui wartawan Harian Momentum dikediamannya mengungkapkan soal transparansi pengelolan anggaran desa, terutama terkait dengan Anggaran DD atau Alokasi Dana Desa  (ADD) tahun 2023. 

Tokoh itu menyebutkan, jika setiap rapat membahas masalah Anggaran DD atau Alokasi Dana Desa  (ADD) tahun 2023, peserta rapat tidak diberi konsumsi. Meski rapat berlangsung hampir satu hari penuh.

"Saya memang hadir jika diundang untuk pembahasan ADD atau DD di balai tiyuh. Namun dalam rapat itu tidak pernah yang memakan waktu hingga seharian. Paling setengah hari saja dan kami disajikan snack tetapi tidak makan atau di berikan nasi kotak," jelasnya, beberapa hari yang lalu.

Hal senada di katakan salah satu tokoh agama setempat, yang enggan disebutkan namanya. "Setiap rapat tidak pernah makan bersama baik hidangan konsumsi ataupun nasi kotak," terangnya, Selasa (5/3/2024).

Dikatakan salah satu aparatur tiyuh Tirtakencana, jika setiap pembahasan anggaran baik ADD ataupun DD memang selalu mengumpulkan masyarakat yang mewakili. Seperti tTokoh adat, masyarakat, agama, pendidikan, kesehatan, dan seluruh aparatur tiyuh hingga badan permusyawaratan tiyuh/desa (BPT).

"Tujuannya untuk menampung aspirasi masyarakat yang sebelumnya sudah dimusyawarahkan di tingkat RK atau musyawarah dusun (musdus), terkait apa saja yang harus di bangun di Tiyuh kita dari DD atau ADD. Namun tidak pernah yang sampai satu hari penuh. Semua yang hadir pada rapat itu hanya mendapatkan snack saja," jelasnya.

Mantan kader posyandu, membeberkan kinerja kepala tiyuh yang baru saja menjabat kurang lebih dua tahun itu.

"Bendahara tiyuh saja tidak difungsikan. Semua uang dan belanja kegiatan Tiyuh Tirtakencana memang semuanya diolah oleh kepala Tiyuh Pak Amrin Hidayat alias Gepeng itu," ungkapnya.

Sementara hasil penelusuran wartawan, di dalam APBT tahun 2023, hampir setiap kegiatan yang bersifat musyawarah bersama masyarakat, tercatat anggaran pengeluaran belanja barang konsumsi hingga puluhan juta rupiah yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Kepala Tiyuh Tirtakencana, Amrin Hidayat saat dihubungi melalui telepon tidak merespon meskipun nomornya aktif dengan nomor telfon 08127445xxxx. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos