Uji Coba Jelang PON, Tim Sepak Takraw Lampung Kalahkan Banten

img
Pertandingan uji coba tim sepak takraw putra Lampung melawan Banten

MOMENTUM, Bandarlampung--Tim Sepak Takraw Lampung berhasil mengalahkan Tim Sepak Takraw Banten dalam pertandingan uji coba menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan dihelat di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, September 2024.

Pertandingan uji coba yang berlangsung di lapangan Anbustra, Kelurahan Kotakarang, Kota   Bandarlampung digelar dua kali: 28 dan 29 Juni 2024. Di nomor Inter Regu putra, Tim Lampung menang mengalahkan Banten dengan skor 15-13 dan 15-13. Kemudian pada 29 Juni 2024 di nomor Quadrant, Tim Putra Lampung kembali menang dengan straight set 15-12 dan 15-7.

“Kita memang raih kemenangan dalam uji coba ini. Tapi itu, tidak sepenuhnya menjadi tolok ukur bahwa kami sudah bagus. Justru, kami mendapat sejumlah catatan untuk penyempurnaan tekni dan strategi. Sehingga saat turun di PON nanti, kita bisa memberikan hasil yang maksimal," kata pelatih Tim Sepak Takraw Lampung Saenal Sattoe. Pada PON XXI di Sumut dan Aceh, tim putra epak takraw Lampung akan turun di dua nomor: Quadrant dan Inter Regu.

Saenal menyebut uji coba sangat penting sebagai evaluasi penyempurnaan tekni dan strategi tim, sekaligus ajang adaptasi atlet menghadapi situasi pertandingan yang sesungguhnya.“Sekarang Sepak Takraw Lampung sudah memasuki program tahap prapertandingan. Untuk sementara itu yang kami bisa lakukan. Kami akan terus melakukan pebaikan di beberapa sektor yang dianggap lemah,” terangnya.

Pengamatan Sepak Takraw Abdul Malik mengatakan, tim Lampung masih memerlukan ujian lebih berat lagi untuk memperkuat mentalitas bertanding.

“Kami masih melihat anak-anak bermain dengan beban yang cukup berat. Ini sangat terlihat. Maksud kami, mereka setiap bermain harus lepas tanpa beban, agar seluruh kemampuan bisa dikeluarkan. Itu akan mempengaruhi kualitas permainan mereka,” kata Malik.

“Insya Allah nanti pada tanggal 9 sampai 12 Juli 2024. kami akan melaksanakan try-out ke Jawa Tengah. Selesai uji coba di Jateng langsung menuju Jakarta mengikuti UNJ Open pada 15 sampai 18 Juli 2024 di Jakarta. Ini penting untuk semakin memperkuat mentalitas anak-anak,” terangnya.

UNJ Open adalah kalender rutin setiap tahun, dan kali ini Malaysia juga mengirimkan dua regu. Karena itu even tersebut sangat penting untuk semakin melatih mental bertanding tim takraw putra Lampung.

Cabot Takraw putra Lampung di PON XXI akan menurunkan enam pemain putra dalam dua nomor: Aldi Pratama, Arnold Askari Adam, M. Rizal Muthohar, Rahul Akbar, Farhan Pallawangeng dan Herwandi Astuti.

Cabor Sepak Takraw akan dipertandingkan di IDI Sport Center, Aceh Timur mulai 7 hingga 19 September 2024. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos