Pj Bupati Mulyadi Irsan Hadiri Penutupan Karya Bakti TNI

img
Pj Bupati Mulyadi Irsan Hadiri Penutupan Karya Bakti TNI

MOMENTUM, Pulangpanggung--Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tanggamus Dr. Ir. Mulyadi Irsan, MT menghadiri penutupan kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan Kodim 0424/Tanggamus di Pekon/Desa Wai ilahan Kecamatan Pulaupanggung, Kamis (04-07).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0424/Tanggamus (Letkol inf. Vicky Heru harsanto, S.I.P.,M.Si), Kapolres Tanggamus (AKBP Rinaldo Aser, S.H., S.I.K., M.Si.), Ketua DPRD Tanggamus (Heri Agus Setiawan S.Sos), Kepala Pengadilan Agama Tanggamus di wakili Kasubag Pengadilan Agama (Minasir S.Ag), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  PMD (Arpin, S.Pd,M.M), KadisKes Tanggamus (Taufik Hidayat), Kadiskominfo ( Suhartono ), Plt. Kaban Kesbangpol  ( Syamjuniston ), Kasdim 0424 Tanggamus (Mayor Inf Solikhul Makruf), Pasi Jajaran Kodim 0424/Tanggamus, Danramil Jajaran Kodim 0424/Tanggamus, Kapolsek pulau panggung (AKP Rahadi), Danunit Intel Kodim 0424/Tanggamus (Letda inf Yudi Pinalosa), Camat Pulau panggung ( Kuroisin S.E), Camat Airnaningan (Royensyah, SE,M.M), Ketua APDESI Kec. Pulau panggung, Ketua APDESI Kec. Air Naningan, Kepala Pekon Way Ilahan (Dwi Sugiyanto), Kepala Pekon Way harong ( Saibun ), Personil Kodim 0424/Tanggamus dan Masyarakat Wai ilahan.

Dandim 0424/Tanggamus, Letkol inf. Vicky Heru harsanto, S.I.P.,M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah, serta merupakan komitmen perwujudan moral TNI dan kepada pemerintah rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tanggamus.

"Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pj bupati Tanggamus dan instansi terkait, serta seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama-sama untuk menyelesaikan Karya Bhakti ini baik fisik maupun non fisik sehingga Karya Bhakti ini dapat berjalan dengan baik," kata dia. 

Dengan berakhirnya Karya Bhakti ini, dia berpesan kepada personel Satgas dan seluruh masyarakat, pertama pertahankan kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat yang telah kita rasakan selama pelaksanaan Karya Bhakti ini. Kedua, tingkatkan semangat bekerja dan membangun bersama sebagai bagian dari solusi bagi pembangunan daerah. "Ketiga, pelihara dan manfaatkan seluruh hasil Karya Bhakti ini sebaik-baiknya. Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berharap TNI dimanapun berada dapat memberikan solusi Yang terbaik bagi masyarakat," ujar dia.

"Mengucapkan alhamdulillahirobilalamin pada Pukul 15.00Wib kegiatan Karya Bhakti TNI Tahun 2024 di Pekon Way Ilahan Kec. Pulau panggung Kab. Tanggamus dengan resmi Saya tutup," pungkas dia.

Pj Bupati Tanggamus, Ir. Mulyadi Irsan MT., SH menyampaikan kegiatan Karya Bakti Kodim 0424/Tanggamus merupakan salah satu wujud dari Operasi Bakti TNI, yang merupakan program terpadu antara TNI dan Pemda. "Kegiatan ini dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, dengan tujuan untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan daerah untuk kepentingan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," papar dia.

Apalagi, dia menambahkan, Kecamatan Pulau Panggung, tempatnya strategis, memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk yang cukup besar, sehingga diperlukan peningkatan pembangunan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan sehari-hari masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor: B.112/34/08/2024, Tentang Penetapan Lokasi Kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2024 di Pekon Way ilahan, Kecamatan Pulau Panggung.

Semua kegiatan dimaksudkan sebagai upaya peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pekon, untuk menggugah kesadaran masyarakat akan budaya gotong-royong dan partisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri, serta untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, disiplin, dan tertib hukum untuk meningkatkan stabilitas keamanan serta kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Tanggamus. "Dengan selesainya pekerjaan ini, diharapkan masyarakat dapat merawat hasil pembangunan ini," pinta Pj Bupati Mulyadi.

"Akhirnya, dengan mengucap lafadz: Alhamdulillahirabbil'alamin, Kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 0424/Tanggamus Tahun 2024 secara resmi saya nyatakan "ditutup"," tambah dia.(**)

Kegiatan Karya Bakti TNI ini terdiri dari:

1. Pembukaan badan jalan sepanjang 2.025 meter dan lebar 6 meter;

2. Perkerasan jalan dengan onderlagh dengan ukuran panjang 175 meter dan lebar 3,5 meter;

3. Pembuatan gorong-gorong Plat Type dengan ukuran diameter 1,5 meter dan panjang 5 meter sebanyak 2 unit;

4. Pembuatan gorong-gorong Buis Beton dengan ukuran diameter 40 cm dan panjang 5 meter;

5. Pekerjaan jembatan plat beton dengan ukuran panjang 6 meter dan lebar 5 meter;

6. Pekerjaan pasangan talud sayap dan oprit jembatan dengan ukuran panjang 80 meter;

7. Pekerjaan pasangan bronjong dengan ukuran panjang 70 meter dan tinggi 2 meter.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga telah turut serta dalam beberapa kegiatan non-fisik, antara lain:

1. Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

2. Penyuluhan Pemberdayaan Pemuda melalui Karang Taruna.

3. Penyuluhan Pengertian, Kriteria, dan Ciri-ciri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

4. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi bagi Pasangan Usia Subur.

5. Penyuluhan mekanisme penerimaan Bansos.

6. Penyuluhan Transformasi Pendidikan dan Cara Pembelajaran yang Menyenangkan.

7. Penyuluhan Literasi Digital dan UU ITE.

8. Penyuluhan Pola Hidup Sehat dan Pencegahan Stunting.

9. Pelayanan Administrasi Kependudukan.

10. Pelayanan Kesehatan/Pengobatan gratis, Sunatan Masal, dan Pelayanan KB.

11. Pelayanan Kesehatan Hewan Ternak dan Pemberian Vitamin Hewan Kambing.

12. Bantuan bibit tanaman keras (Petai, Pinang, Durian, dan Sirsak);

13. Bantuan Sembako untuk Warga Miskin;

14. Bantuan Peralatan Olahraga;

15. Bantuan ATK untuk siswa SD.






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos