Pesawaran dan Kementerian Kominfo Gelar Festival Literasi Digital

img
Kadis Kominfotiksan, Jayadi Yasa. Fito: Rifat.

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemkab Pesawaran akan menggelar Festival Literasi Digital bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia. Festival untuk meperingati hari jadi ke-17 tahun Kabupaten Pesawaran ini, digelar pada Jumat (19-7-2024) malam.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfotiksan) Kabupaten Pesawaran, Jayadi Yasa mengatakan pada acara tersebut akan bertabur hadiah dan dimeriahkan artis ibukota. 

"Pada festival literasi itu, ada artis ibukota yang memeriahkan. Selain itu, ada banyak hadiah dan juga semua berkesempatan mendapatkan grand prize berupa satu unit sepeda motor," katanya.

Jayadi mengajak masyarakat di seluruh Kabupaten Pesawaran untuk dapat menghadiri dan memeriahkannya. 

"Ayo masyarakat di seluruh kecamatan di Kabupaten Pesawaran, hadir dan ramaikan. Selain mendapat ilmu baru, juga berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik," ajaknya. 

Ia pun menerangkan bagaimana cara registrasi mengikuti kegiatan itu. Semua yang ingin hadir dapat registrasi secara online di link : https://event.literasidigital.id/daftar/32290  atau dapat registrasi secara offline yang dimulai pada pukul 16.00 WIB pada Jumat nanti. 

Jayadi menjelaskan Program Literasi Digital Nasional ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat pengguna ruang digital mencakup empat pilar pengetahuan tentang Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Cakap Bermedia Digital.

"Keempat pilar tersebut, akan membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai perilaku masyarakat pengguna ruang digital di dalam negeri. Khususnya, dalam upaya pemanfaatan secara positif ketika berselancar di dunia maya," jelasnya. 

Diskusi luring (offline) berupa talk show bertajuk ”Bijak Berinteraksi Di Media Sosial” sengaja digelar untuk memberikan bekal literasi digital kepada warga masyarakat Pesawaran dan sekitarnya, terkhusus kalangan muda usia atau kelompok milenial. 

Literasi Digital di Kementerian Kominfo RI ini berpotensi menjangkau 50 juta masyarakat pada akhir tahun 2024. Di mana, potensi ini akan menjadikan ruang digital dalam negeri semakin kondusif dan produktif.

Pada setiap tahunnya, Kementerian Kominfo akan menargetkan sebanyak 12,4 juta pengguna ruang digital untuk mengikuti program ini. Dengan terpenuhi sejumlah angka di atas pada setiap tahunnya, maka diyakini angka target pada tahun 2024 akan dapat terwujud. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos