Pengendalian Inflasi Terbaik, Metro Tiga Besar Nasional

img
Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Pemkot Metro Yulia Chandrasari

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro melalui 10 leading sektor, berhasil mengendalikan laju inflasi sepanjang tahun 2024. Keberhasilan itu berdampak positif terhadap stabilitas daya beli masyarakat.

Inflasi adalah kenaikan harga barang maupun jasa yang mempengaruhi stabilitas harga barang di pasaran. Angka inflasi Kota Metro per Juni 2024 mencapai 2,37 persen. Persentase itu, lebih rendah dari level nasional sebesar 2,51 persen atau menurun 0,8 persen dari 2,84 persen pada tahun 2023.

"Alhamdulillah, tahun 2023 kita masuk tiga  besar nasional, untuk kota dengan pengendali inflasi terbaik,” kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Pemkot Metro Yulia Chandrasari, Senin (15-7-2024).

Menurut dia, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) konsisten memantau upaya pengendalian inflasi yang dilakukan 10 organisasi perangkat daerah (OPD).

“Untuk TPID Kota Metro itu ada 10 OPD terkait yang dilibatkan, antara lain: Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dan Dinas Perdagangan," kata Yulia, Senin (15-7-2024).

Upaya yang dilakukan untuk pengendalian inflasi meliputi: pemberdayaan petani untuk melakukan budidaya tanaman bawang merah dan cabai. Kemudian, menggencarkan program Gertapaga atau Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga.

“Dinas Perdagangan juga melakukan gerakan seperti operasi pasar murah dan penetrasi pasar. Untuk menjaga stok dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok," terangnya.

TPID Kota Metro secara masif juga, melakukan berbagai upaya menekan gejolak harga dan stok bahan kebutuhan poko  di pasaran dengan tanggap menyikapi isu strategis nasional. Terutama, terkait harga sejumlah komoditas bahan pangan yang menjadi penyumbang kenaikan inflasi.

Selain itu, juga merumuskan formula, dengan skema pemantauan stok dan pendistribusian barang, operasi pasar, hingga mengintensifkan komunikasi dengan pihak distributor. Sekaligus mengikuti update kenaikan harga di tingkat nasional.

“Kami rutin, setiap pekan mengikuti kegiatan Rakor TPID yang dilaksanakan Kemendagri dan Kementerian Koordinator Perekonomian. Rakor itu sebagai sarana evaluasi, untuk mengatasi  kendala-kendala dalam pengendalian inflasi," jelasnya.

Beberapa waktu lalu, Pemkot Metro juga meluncurkan program Toko Mapan di Pasar Cendrawasih.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos