Pemkab Tanggamus Peringati Tiga Hari Besar Nasional

img

MOMENTUM, Tanggamus -- Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan upacara memperingati tiga hari besar nasional: Hari Kelautan, Hari Koperasi dan Hari Anak Nasional. Upacar digelar di lapangan pemkab setempat, Rabu 17 Juli 2024.

Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, mewakili Pj Bupati Tanggamus dalam sambutannya mengatakan, Hari Kelautan Nasional dicetuskan pada 2 Juli 1972 atau 52 tahun silam oleh Presiden Suharto. Indonesia merupakan negara kelautan, dengan dua-per-tiga luas wilayahnya adalah laut. 

Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, yang memiliki luas lautan mencapai 5,8 juta km dan panjang pantai sekitar 95.181 km atau setara 25 persen panjang pantai di dunia. Indonesia adalah surga laut yang indah dan kaya, potensi sumberdaya lautnya luar biasa. 

Begitu pun dengan Kabupaten Tanggamus, dengan luas laut 1.779,50 Km2 dan garis pantai sepanjang 202 km, termasuk daerah yang memiliki garis pantai yang panjang dan potensi sumberdaya hayati yang sangat besar.

Solusi konkrit adalah gerakan edukasi kepada masyarakat harus lebih digalakkan. Perlu kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan pantai dan melestarikan laut. Kekayaan hayati laut tidak hanya menjadi kebanggaan generasi sekarang, tetapi juga menjadi kekayaan yang dapat terus dinikmati oleh generasi yang akan datang yaitu anak-cucu kita kelak, terangnya.

Kemudian, Hari Koperasi diperingati setiap 12 Juli. Pada 2024,  merupakan peringatan yang ke-77 tahun. Koperasi adalah salah satu organisasi perekonomian rakyat. Koperasi memberikan kesejahteraan bagi anggotanya. Koperasi juga turut menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan ekonomi. Menurut data Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, di Kabupaten Tanggamus terdapat 249 koperasi. Terdiri dari 71 koperasi aktif dan 178 koperasi tidak aktif. Dengan jumlah anggota 32.649 orang. Ini merupakan potensi cukup besar. Dinas/Instansi terkait, dapat terus membantu dan memfasilitasi koperasi agar makin aktif, maju dan berkembang.

Selanjutnya, setiap 23 Juli diperiingati Hari Anak Nasional. "Saya ucapkan Selamat Hari Anak Nasional kepada anak-anakku tercinta di seluruh Kabupaten Tanggamus. Ayo bergembira, nikmatilah masa bermain kalian," ucapnya. Menurut Data Profil Anak yang dirilis oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, disebutkan bahwa sekitar 31,6 persen dari 267 juta penduduk Indonesia atau setara 84,4 juta adalah anak-anak.

Mereka adalah SDM masa depanbangsa ini. Semakin baik kualitas anak saat ini, maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Anak-anak kita sejatinya memiliki hak asasi yang butuh untuk diakui dan dihargai. Anak berhak mendapatkan pelayanan pendidikan dan pengajaran yang bermutu sesuai potensi, minat dan bakatnya, katanya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos