Uji Kompetensi Wartawan PWI Lampung Diikuti 36 Peserta

img
PWI Lampung gelar Uji Kompetensi Wartawan ke-34 di Balai Wartawan Solfian Akhmad Bandarlampung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Balai Sofian Akhmad, Bandarlampung, Senin 5 Agustus 2024. Diikuti 36 peserta, terdiri dari tiga kelas jenjang madya dan tiga kelas jenjang muda.

Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah mengatakan UKW ini merupakan yang ke-34 digelar PWI Lampung. UKW merupakan agenda penting agar wartawan memiliki standar kompetensi dalam menjalankan tugas.

“Standar kompetensi itu penting. Wartawan harus bertindak profesional dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik,” kata Wirahadikusumah saat sambutan.

Wira menyebut UKW kali ini digelar secara gratis. Karena PWI Lampung mendapat dukungan dari Pemprov Lampung.

“Saya mewakili kawan-kawan di PWI Lampung mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pemprov Lampung yang terus mensupport wartawan untuk bisa terus meningkatkan skillnya,” ucap Wira.

Ia juga menyebut wartawan di era teknologi saat ini harus cepat beradaptasi. Karena sudah banyak perusahaan media yang tumbang lantaran tidak mampu mengikuti kemajuan zaman.

“Apa yang diteorikan oleh Charles Darwin itu ternyata benar. Saat ini bukan yang kuat yang bertahan tapi yang cepat beradaptasi itulah yang bisa bertahan. Karena itu kami terus lakukan adaptasi bagaimana tadinya konvensional ke digital,” ujarnya.

Maka wartawan, kata Wira, tidak lagi hanya cukup pintar menulis, tapi juga harus berkemampuan lainnya. Seperti editing foto, video, manajemen media sosial dan lainnya.

Sementara Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefullah, mewakili Pj Gubernur Samsudin, mengatakan keberadaan wartawan sebagai ujung tombak penyampaian informasi kepada publik. Wartawan punya peran dan bagian integral dalam membangun masyarakat yang berpengetahuan dan berpartisipasi aktif.

“Di era informasi yang serba cepat ini, kualitas dan profesionalisme wartawan sangatlah krusial. Oleh karena itu, uji kompetensi ini bukan hanya formalitas, tetapi sebagai upaya untuk memastikan bahwa para jurnalis dapat menyajikan informasi yang akurat, objektif, dan bermanfaat bagi Masyarakat,” kata Saefullah membacakan sambutan Pj Gubernur.

UKW yang digelar secara gratis ini, kata dia, juga merupakan wujud komitmen Pemprov Lampung untuk mendukung dan menjaga integritas media dalam menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial dan sumber informasi yang terpercaya.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tulus kepada PWI Lampung atas penyelenggaraan kegiatan ini yang tentunya merupakan langkah penting dalam mendukung peningkatan kompetensi dan profesionalisme wartawan di daerah kita,” ujarnya.

“Kepada seluruh peserta uji kompetensi, semoga dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan dalam bidang jurnalisme. Saya percaya, hasil dari uji kompetensi ini akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan media di Lampung serta memberikan dampak positif bagi Masyarakat,” tandasnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos