Tiga Desa di Tubaba Gelar Upacara Bersama Peringati HUT ke-79 RI

img
Desa Panaragan, Bandardewa dan Menggalamas gelar upacara bersama peringati HUT ke-79 RI di lapangan sepak bola Panaragan, Sabtu, 17 Agustus 2024. Foto. Solihin.

MOMENTUM, Panaragan -- Memperingati Hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-79,  tiga tiyuh/desa di Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat menggelar upacara bersama.

Ketiga desa tersebut, Panaragan, Bandardewa dan Menggalamas, mengadakan upacara bendera di lapangan sepak bola Panaragan, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Tiyuh Panaragan, Edison. Komandan upacara adalah Serda Iwan Sani dari kesatuan TNI AD Koramil Tulangbawang Tengah.

Upacara tersebut diikuti oleh siswa-siswi dari SDN 1, 2 dan 3 Tulangbawang Barat (Tubaba), pelajar SMP Karya Bhakti Panaragan, BPT, Tokoh Masyarakat serta aparatur dari tiga pemerintahan tiyuh setempat dan ratusan masyarakat. 

"SMP Karya Bhakti Panaragan, setiap tahun memang mengadakan upacara Hut RI di halaman sekolah diikuti siswa-siswi SD yang ada di tiga tiyuh, karena antusias masyarakat yang hadir maka kita gagas upacara besar di Lapangan Panaragan" kata Dedi Priyono selaku Ketua Yayasan. 

Dia menjelaskan, setelah 18 tahun lebih, lapangan Panaragan tidak dipergunakan untuk HUT RI, maka digagas bersama dewan guru, kepala tiyuh Panaragan, Bandardewa dan Menggalamas melakukan upacara bersama untuk memperkuat persatuan dan kebersamaan masyarakat. 

Sementara itu Edison, Kepala Tiyuh Panaragan, mengatakan gagasan upacara HUT RI bersama akan terus diperkuat kedepannya. 

"Sesuai gagasan SMP Karya Bhakti Panaragan dan disambut baik oleh pemerintah tiyuh Panaragan, Bandardewa dan Menggalamas. Insyaallah upacara HUT RI tahun 2025, tuan rumahnya Tiyuh Bandardewa atau Menggalamas, sehingga nanti bergantian" katanya, kepada wartawan, Ahad (18/8/2024).

Sementara itu, tokoh adat masyarakat dari Lembaga Masyarakat Adat, Bursyah, mendukung pelaksana upacara bersama serta menampilkan pertunjukan dari siswa-siswi sekolah dari tiga tiyuh tersebut. 

"Kita tanamkan semangat kemerdekaan Indonesia dari generasi ke generasi, serta rasa persatuan dan kekeluargaan. Momentum HUT RI ke 79 dan seterusnya harus di pertahankan," ungkapnya. 

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan cendera mata kepada dua orang pensiunanan guru, yaitu Zaini Sabak, dari dari Kepala Sekolah Yayasan SMP Karya Bhakti Panaragan dan Anita, dari SDN 3 Tulangbawang Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala SDN 1 Yoden Zen, SDN 2 Reka Yanti, SDN 3 Yenitasari, Kepala SMP Karya Bhakti Panaragan Ananda Ruri Vianora, Pembina Pengawas Gugus Tujuh Heri Metiasih, dan seluruh dewan guru tiga sekolah SD dan SMP Karya Bakti. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos