Lomba Karya Jurnalistik, Peserta Diajak ke Desa Wisata Belangian

img
EKSITENSI BUDAYA: Aktivitas kaum perempuan di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimatan Selatan, dalam mempertahankan warisan budaya Kain Sasirangan sebagai penggerak perekonomian masyarakat. (Foto by Agung Darma Wijaya)

MOMENTUM, Banjarmasin--Peserta lomba karya jurnalistik Porwanas XIV diajak ke Desa Wisata Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Rabu (21-8-2024).

Peserta lomba karya jurnalistik yang ikut ke desa wisata tersebut terdiri dari lomba karya tulis, fotografi dan videografi.

Para peserta bertolak dari titik 0 kilometer Banjarmasin menuju Waduk Riam Kanan.

Setibanya di dermaga, peserta diangkut dengan kapal menuju Desa Belangian dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Para peserta pun disambut oleh tokoh masyarakat dan kepala desa setempat. Peserta dari tiga kategori lomba pun dikalungkan selendang sasirangan.

Selanjutnya, peserta lomba karya tulis diajak menelusuri kedalaman hutan Kalimantan dengan menaiki ojek wisata yang telah disiapkan.

Sedangkan bagi peserta lomba fotografi dan videografi diarahkan untuk mengambil gambar aktivitas warga desa setempat. Sembari menunggu antrean ojek wisata untuk menuju objek-objek yang telah ditentukan.

Novi Balga, salah satu peserta dari Lampung merasa lomba karya tulis tahun ini sangat menarik dibandingkan sebelumnya.

"Seru, walaupun perjalanannya cukup jauh. Kita diajak untuk melihat desa wisata dan kedalaman hutan Kalimantan," jelasnya.

Menurut dia, perjalanan tersebut memberikan kesan dan pengalaman bagi peserta lomba karya jurnalistik. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos