LSS Tingkat Provinsi, Lambar Diwakili Tiga Sekolah

img
Pj Bupati Lambar Nukman menyampaikan sambutan penilain LSS tingkat Provinsi Lampung di MTsN 1 Lampung Barat

MOMENTUM, Liwa--Tiga sekolah menjadi wakil Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dalam ajang  Lomba Sekolah Sehat (LSS) Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Lampung tahun 2024.

Ketiga sekolah wakil Lambar itu: MTsN 1 Lampung Barat, Kecamatan Balikbukit, SDN 3 Waymengaku dan Taman Kanak-Kanak Negeri 1Waymengaku.

Ketua tim penilai lomba tersebut  Darsani, mengatakan, LSS merupakan salah satu upaya penting dalam rangka pembinaan dan evaluasi pelaksanaan program UKS .

"Salah satu tujuan LLS adalah pengembangan kualitas sember daya manusia seutuhnya dan sebagai aksi nyata gerakan sekolah sehat di Provinsi Lampung," ucapnya.

Darsani menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada tim pembina UKS tingkat kabupaten/kota, kecamatan dan tim pelaksana di sekolah. Sebelumnya Penjabat (Pj) Bupati Lambar  Nukman saat membuka penilaian LSS tersebut mengatakan,  program UKS  lebih d fokuskan pada upaya promotif dan preventifah dengan bantuan teknis guru penjaskes, UKS dan kader kesehatan remaja.

"Selain itu perlu dukungan oleh manajemen UKS secara terpadu untuk mengintegrasikan kegiatan program lintas sektor terkait melalui upaya pembinaan UKS oleh tim pembina secara berjenjang sampai ke tim pelaksana di sekolah," terangnya.

Menurutnya, upaya peningkatan kualitas jasmani dan rohani sebagai bagian integral dari peningkataan kualitas manusia harus dilakukan melalui proses pendidikan dan pembudayaan. 

Dari proses pendidikan dan pembudayaan tersebut diharapkan akan timbul sikap dan kesadaran setiap individu untuk selalu berperilaku hidup sehat dan aktif yang selanjutnya menjadi kebiasaan dan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami menyambut baik dilaksanakannya lomba sekolah sehat ini, karena melalui kegiatan ini dapat memotivasi di sekolahsekolah dalam melaksanakan program UKS," kata Nukman.

Kepala  MTsN 1 Lampung Barat Desi Arisandi berharap,  dengan adanya LSS dapat lebih menumbuhkan kesadaran siswa dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

"Meskipun sekolah kami berada cukup jauh dari ibukota provinsi, namun kami berkomitmen untuk selalu mengutamakan peningkatan kualitas pendidikan. Salah satunya melalui program UKS," kata Desi. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos