DPK Lampura Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung

img
Salah satu peserta Lomba Pidato Bahasa Lampung yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Utara

MOMENTUM, Kotabumi--Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar Lomba Pidato Bahasa Lampung Tingkat Sekolah Menengah Pertama, Selasa (3-9-2024). Lomba yang berlangsung di  Taman Olah Seni, Kotabumi itu diikuti 28 peserta.

Penjabat Bupati Lampura Aswarodi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah setempat Lekok, mengapresiasi pelaksanaan lomba tersebut. "Lomba ini patut diapresiasi sekaligus dijadikan contoh upaya pelestarian budaya daerah," kata pj bupati saat membuka lomba tersebut.

Menurut dia, inovasi dan kreatifitas sangat diperlukan untuk lebih mengoptimalkan dan mengefektifkan upaya pelestarian budaya.

"Pengenalan budaya daerah, khususnya bahasa memang harus dilakukan secara optimal kepada generasi muda. Salah satunya melalui Lomba Pidato Bahasa Daerah Lampung ini," terangnya. 

Hal senada disampaikan Kepala DPK Lampura Sri Mulyana. Dia mengatakan, bahasa merupakan simbol utama  indentitas daerah yang menjadi akar pembentukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

“Bahasa daerah merupakan wujud nyata dari tradisi, sejarah dan nilai-nilai luhur bangsa. Nilai keluhuran tersebut yang harus kita jaga dan lestarikan. Salah satunya melalui lomba pidato ini," kata Sri Mulyana.

Terpisah, Bunda Literasi  Kabupaten Lampura Listiana Sidharti Aswarodi, berharap lomba tersebut bisa menjadi agenda rutin setiap tahun. "Ini patut dijadikan agenda rutin, sehingga upaya pelestarian Bahasa Daerah Lampung yang menjadi tujuan dari lomba ini, bisa berkesinambungan dan efektif," harapnya.

Dewan juri dalam lomba itu, antara lain: Masitoh dari DPK Lampura, Sukmawati dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Lampung Herna Aprilia. Selain piala dan sertifikat, para juara lomba tersebut juga mendapatkan uang pembinaan. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos