Kawal Pilkada Metro, PWI Siap Awasi Netralitas ASN dan Berita Hoax

img
MoU PWI berasama Bawaslu Kota Metro.

MOMENTUM, Metro--Mengawal demokrasi dan memaksimalkan peran pers dalam mengawasi proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Metro, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota setempat sepakat menandatangani nota kesepahaman alias Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan sinergitas antar lembaga dan media pasca pemilu legislatif 2024, di Gedung Serba Guna (GSG) Angin Semilir, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, Senin (9-9-2024).

Ketua Bawaslu Kota Metro, Badawi Idham mengatakan, kerjasama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengawasan Pilkada di Metro khususnya terkait dengan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan berita hoax.

"Kami berharap teman-teman media, khususnya PWI yang melakukan MoU dengan Bawaslu bisa menyampaikan informasi tentang pengawasan khususnya Pilkada. Kepada kawan-kawan media ini tolong sampaikan kepada masyarakat bahwa, yang pertama soal pengawasan netralitas ASN dan berita hoax," kata dia, Senin (9-9-2024).

Badawi mengungkapkan, insan pers perlu juga melakukan pengawasan terkait dengan dugaan praktek money politik yang dimungkinkan terjadi saat hari tenang Pilkada.

"Soal netralitas ASN ini tentunya menjadi prioritas pengawasan juga, karena ada calon yang incumbent. Sehingga saya kira pengawasan terkait dengan netralitas itu perlu ditingkatkan, selain itu money politik di akhir-akhir juga tetap menjadi konsen pengawasan," sambungnya.

Dia menegaskan, pengawasan prioritas terkait dengan netralitas ASN dilakukan lantaran Bawaslu telah menerima laporan adanya indikasi tersebut.

"Pengawasan terkait dengan netralitas ASN ini perlu ditingkatkan karena informasi yang kami dengar itu sudah ada, hanya mungkin masyarakat yang melaporkan itu belum maksimal," ungkapnya.

"Dengan kerjasama ini kami harapkan teman-teman PWI dapat juga melaporkan temuan-temuannya kepada Bawaslu Kota Metro," pungkasnya.

Ketua PWI Kota Metro, Rino Panduwinata diwakilkan Sekretaris, Adipati Opi mengatakan, PWI Kota Metro bakal memaksimalkan perannya dalam menyajikan informasi yang valid dari Bawaslu kepada publik.

"Poin-poin yang kami sepakati salah satunya terkait dengan fungsi Bawaslu untuk mengawasi tahapan Pilkada dan penyajian informasi dari kawan-kawan PWI, yang memang informasinya itu valid dari Bawaslu," ucapnya.

Opi menegaskan, PWI Kota Metro akan tetap berpegang teguh pada independensi sebagai kontrol sosial terhadap pembangunan maupun pemerintahan serta pengawasan dalam pilkada.

"Tanpa ada kesepakatan pun fungsi pers adalah sebagai kontrol sosial yang keterkaitan dengan pembangunan, pemerintahan yang inti tujuannya adalah untuk kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

"Kami berkomitmen untuk membantu Bawaslu sehingga terjalinnya MoU ini, maka ada kesepakatan antara PWI dan Bawaslu supaya pelaksanaan Pilkada di Metro ke depan lebih berintegritas," tutupnya.

Sementara, Koordinator Bidang Pendidikan, Angga Nurdiansyah menyebut bahwa PWI bakal hadir memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan Pilkada serentak 2024 di Metro.

"Hal kecil yang bisa PWI lakukan melalui media-media yang ada dalam PWI atau anggotanya, hal kecil itu dalam bentuk mendidik dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait siapa saja calon yang akan dipilih," terangnya.

"Kita bisa mulai menelusuri latar belakang dan rekam jejak daripada calon, ataupun dari petahana kita bisa melihat, kinerjanya selama memimpin seperti apa. Itu yang bisa memberikan referensi kepada masyarakat siapa yang harus mereka pilih. Itu dulu hal kecil yang mungkin bisa diperbuat oleh PWI terhadap Kota Metro di Pilkada tahun ini," imbuhnya.

Angga menuturkan, PWI akan konsisten terhadap kesepakatan untuk mengawal demokrasi di Bumi Sai Wawai. 

"Saat pers turun ke bawah, yang dibutuhkan media itu adalah independensi atau netral serta objektif, artinya tidak memihak. Jadi ketika sudah memihak maka informasi yang disampaikan akan tidak setara. Ini komitmen bersama yang sudah kita sepakati, untuk intens mengawal demokrasi yang di kota Metro," imbuhnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos