Wasit Diduga Berpihak, Lampung Hanya Tambah Satu Emas Dari Kurash

img
Atlet cabor kurash Lampung Mariha Salimah (biru) merebut medali emas PON XXI

MOMETUM, Acehbesar--Cabang olahraga kurash kembali menambah pundi medali Kontingen Lampung di arena PON XXI, Kamis (12-11-2024). Kali ini, cabor kurash yang dipertandingkan di GOR Sport City, Jantho Kabupaten Acehbesar, menyumbang tiga medali: satu emas, dua perak, satu perunggu.

Satu emas cabor kurash direbut Mariha Salimah yang  turun bertanding di nomor tarung kelas -57kg putri. Di partai final, Mariha mengalahkan Nirsa dari Sulawesi Selatan.

Sedangkan dua medali perak untuk Lampung direbut dari nomor uzul (seni) putri, masing-masing atas nama Aisyah Diah Subekti dan Mariha Salimah. Satu medali perunggu diraih Friskila Putri Nadapdap yang turun di nomor tarung kelas -48kg putri.

"Ya, Alhamdulillah, hari ini cabor kurash kembali menyumbang satu medali emas, dua perak dan satu perunggu, untuk Lampung," kata Kabid Binpres KONI Lampung Candra Kurniawan. 

Diduga Curang

Meski demikian, Candra menyesalkan keputusan dewan juri, yang penetapan dua medali perak untuk Lampung di nomor uzul putri.

"Kita agak bingung juga dengan keputusan juri memberikan medali perak untuk dua atlet kita di nomor uzul," kata Candra.

Sebenarnya, lanjut dia, sejak kemarin (Rabu, 11 September 2024), official Tim kurash Lampung sudah mengajukan keberatan kepada dewan juri.

"Hasil pertandingan nomor uzul kemarin, nilai atlet kita sama dengan lawanya atlet tuan rumah Aceh. Tapi, juri ingin menetapkan medali emas untuk Aceh. Kita protes. Sampai sore tidak ada keputusan dari juri," tuturnya.

Kemudian, lanjut dia, saat upacara penyerahan medali, tadi pagi, dewan juri menetapkan medali emas untuk atlet tuan rumah Aceh.

"Aneh, kok juri tiba-tiba memutuskan medali emas untuk atlet Aceh. Padahal, sebelum ditetapkan kita sudah protes karena nilainya sama dengan atlet kita," ungkapnya bingung.

Cabor kurash sebelumnya ditargetkan meraih tujuh medali emas. Denga hasil tersebut, cabor kurash secara keseluruhan hanya berhasil meraih: dua emas, empat perak dan tiga perunggu. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos