Emas Kedua Pencak Silat Bawa Kontingen Lampung Lampaui Pencapaian PON Papua

img
Pesilat Lampung Sa'adan (tengah) meriah medali emas PON XXI

MOMENTUM, Medan--Cabang olahraga pencak silat kembali meraih medali emas untuk kontingen Lampung di PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara. Emas kedua pencak silat untuk kontingen Lampung itu disumbangkan Sa'dan Ahmed Sidik Lisanaka yang berlaga di Kelas H Putra.

Dengan tambahan dua emas dari cabor pencak silat itu, untuk sementara Kontingen Lampung sudah mengoleksi 15 medali emas. Jumlah tersebut melampaui pencapaian pada PON XXI di Papua tahun 2021. Saat itu, kontingen Lampung berada di peringkat kesepuluh dengan 14 medali emas.

Pertandingan cabor pencak silat PON XXI berlangsung di GOR Vetran, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (12-9-2024).

Pesilat Lampung Sa'dan Ahmed Sidik Lisanaka memastikan medali emas, setelah menang telak 21-9 atas pesilat Nusa Tenggara Barat (NTB) M Padli Anwar.

Di ronde pertama, Sa'dan sempat tertinggal setelah mendapat pengurangan 5 poin karena dinilai melakukan pelanggaran.

Hingga akhir ronde pertama Sa'dan tertinggal 3-6. Sa'dan berhasil menipiskan selisih poin menjadi 9-10 di ronde kedua.

Rode ketiga menyisakan 39 detik, Sa'dan berhasil menyamakan perolehan poin menjadi 12-12.

Dewi Fortuna benar-benar berpihak pada pesilat Lampung tersebut. Pesilat NTB yang bernafsu untuk memenangkan pertandingan justru melakukan pelanggaran. Wasit pun menjatuhkan hukuman pengurangan 5 poin kepada pesilat NTB tersebut, menjadi 12-7 untuk keunggulan Sa'dan. 

Di sisa waktu pertandingan, Sadan berhasil memanfaatkan momentum untuk terus merebut poin dan akhirnya menang dengan skor 21-9.

Sebelumnya, atlet pencak silat Lampung M Wildan juga meraih emas di kelas E Putra setelah mengalahkan pesilat Sumatera Utara Muhammad Rian Syaputra dengan skor 49-37. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos