Maju Konferkab PWI, Joko Sulistyo Siap Bangun Profesionalisme Pers di Pringsewu

img
Kandidat Calon Ketua PWI Kabupaten Pringsewu Joko Sulistiyo mengambil sekaligus mengembalikan formulir berkas di Sekretariat PWI Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu--Kandidat Calon Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu Joko Sulistiyo siap membawa lembaga pers berkomitmen dan  berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk kemajuan pembangunan di segala bidang melalui karya jurnalistik.

"Namun juga insan pers yang tergabung di PWI Pringsewu akan siap mengkritisi pemerintah daerah setempat secara profesional dan proporsional jika mendapati adanya kebijakan yang tidak berpihak kepada masyarakat luas," tegasnya.

Sulistiyo panggilan akrabnya  yang berkarier menjadi wartawan sejak 1994 atau 30 tahun lalu menegaskan hal itu saat mengambil sekaligus menyerahkan berkas formulir  pendaftaran kandidat Calon Ketua PWI Kabupaten Pringsewu periode 2024-2027, di Sekretariat PWI setempat pada Jum'at (20-9-2024).

Dia mengaku, jika amanah terpilih menjadi Ketua PWI maka akan lebih menghidupkan lagi marwah dan wibawa PWI khususnya di Kabupaten Pringsewu."Saya siap melanjutkan program dari  pengurus sebelumnya yang sudah baik, menjadi lebih baik lagi,"ucap wartawan Harian Momentum.

Menurutnya, program yang yang akan diwujudkan diantaranya merealisasikan kembali program andalan PWI Pringsewu yakni dialog dengan berabagai stakeholder yang dikemas dalam 'Diskusi Bincang Jum'at PWI'.

Sebab melalui program 'Diskusi Bincang Jum'at PWI'  setidaknya membantu pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya dapat memecahkan permasalahan.  Disamping itu secara bersama  mempublikasikan dan mempromosikan program-program unggulan yang ada di Kabupaten Pringsewu ini.

"Bahkan melalui program itu  menghantarkan PWI Pringsewu pada tahun 2010 meraih predikat terbaik empat kali berturut tingkat PWI kabupaten di Provinsi Lampung,"terangnya.

Sulistiyo mengaku akan  menghidupkan kembali  program unggulan PWI lainnya seperti mengedukasi tentang kode etik jurnalistik dan UU Pers kepada para mitra kerja dan memberikan pendidikan jurnalistik kepada pelajar dan mahasiswa. 

Dia menambahkan, terkait struktur ditubuh PWI Pringsewu, maka akan memfungsikan semua pengurus, anggota dan penasehat sesuai dengan tupoksinya. "Namun yang lebih penting selalu menjaga kebersamaan, kekompakan dan transparasi dalam segala hal. Jika komitmen ini disepakati bersama pasti bermuara pada kesejahteraan keluarga PWI Pringsewu,"tegasnya.

Serta mengaktivitaskan jajaran Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang merupakan para istri wartawan."Sebab dibalik  kesuksesan sang suami, disitu pasti ada istri yang hebat,"imbuhnya.

Diketahui, Joko Sulistiyo terjun didunia jurnalistik secara otodidak sejak tahun 1994 atau 30 tahun lalu, dengan mengawali karier  menjadi wartawan di Harian Lampung Post hingga 1999.

Selanjutnya pada tahun 2000 hingga 2024 ini terus berkarier di sejumlah media cetak baik Harian dan Mingguan seperti pernah di SKM Koridor, Faktual, Harian Bandarlampung News dan sekarang di Harian Momentum.

Sedang bergabung di lembaga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sejak tahun 1996, saat Pringsewu masih bagian dari Kabupaten Lampung Selatan dan Tanggamus. Pernah menjabat Bendahara PWI Pringsewu dua periode 2009 hingga 2015, menjabat Sekretaris PWI Pringsewu 2015-2018, dewan penasehat 2018 hingga 2024.

Sementara Ketua Panitia Konferkab ke-VI PWI Kabupaten Pringsewu Tutor Manalu didampingi Sekretaris Arif Hidayatulloh menjelaskan, hingga Jum'at (20/9/2024) sudah ada dua kandidat calon ketua yang mendaftar mengambil berkas yakni Wahyu Giri Wiladatika dan Joko Sulistiyo.

"Batas penutupan dan pengembalian formulir bakal calon Ketua PWI pada 22 September 2024. Untuk pelaksanaan Konferkab pada Jum'at (27-9-2024) di Hotel Urban Pringsewu. Sedang  sehari sebelumnya terlebih dulu digelar Konferensi Kerja PWI Pringsewu,"jelas Tutor Manalu.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos