HUT Ke-33 Lampung Barat, Motivasi Perjuangan dengan Prestasi

img
Rapat Paripurna DPRD Lampung Barat dalam rangka peringatan HUT ke-33 Kabupaten Lampung Barat. Foto. Sulemy.

MOMENTUM, Liwa -- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-33 Kabupaten Lampung Barat agar dijadikan inspirasi dan motivasi untuk mengisi perjuangan kehidupan dengan karya dan prestasi.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman dalam Rapat Paripurna DPRD Lambar dalam rangka menyambut HUT ke-33 Kabupaten Lampung Barat di Ruang Sidang Maghgasana, Senin 23 September 2024.

"Kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Lampung Barat sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan dengan karya dan prestasi," kata Nukman.

Nukman berharap, peringatan hari jadi ke-33 Kabupaten Lampung Barat, sebagai momentum untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi dalam menapaki masa kini, masa depan dan mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang diraih saat ini adalah berkat kerja keras bersama.

Lebih lanjut, Nukman memaparkan capain Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di bawah kepemimpinanya. Memasuki tahun ke-2 sebagai pj, banyak kemajuan yang diraih, meski masih banyak permasalahan yang muncul secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap dinamika kehidupan masyarakat.

Pembangunan yang dilaksanakan, kata Nukman, mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dengan tetap berpijak pada tujuan dan sasaran pembangunan yang tertuang pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026.

Berbagai pekerjaan selama masa kepemimpinan dirinya tergambar dari hasil capaian indikator makro serta capaian dari program-program yang menjadi fokus pemerintah. Antara lain, pada 2023 terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Barat sebesar 4,69 persen naik dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 4,10 persen.

Kenaikan tersebut tidak lepas dari beberapa lapangan usaha di Kabupaten Lampung Barat yang mengalami nilai positif, dan tentunya sektor pertanian, kehutanan dan perikanan masih menjadi penyumbang terbesar pada pdrb atas dasar harga berlaku sebesar 44,43 persen. Nilai PDRB atas dasar harga yang berlaku tahun 2023 sebesar 9,01 triliun rupiah, meningkat dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 8,28 triliun rupiah.

"Untuk PDRB per kapita pada tahun 2023 sebesar 28,86 juta rupiah, bertambah sebesar 2,06 juta rupiah dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 26,80 juta rupiah," kata Nukman.

Angka kemiskinan Lampung Barat pada 2024 sebesar 10,68 persen mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar 11,17 persen. Jika dilihat dari jumlah penduduk miskin pada tahun 2024 sebanyak 33.430 jiwa turun dari tahun sebelumnya sebesar 34.370 jiwa.

Untuk indeks pembangunan manusia di Kabupaten Lampung Barat pada tahun 2023 sebesar 71,72 poin, meningkat sebesar 0,71 point dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 71,01 poin. Berdasarkan nilai tersebut IPM Kabupaten Lampung Barat telah masuk dalam kategori tinggi. Nilai IPM tersebut didasari dengan kenaikan dari 3 komponen pembentuk IPM, dimana usia harapan hidup tahun 2023 sebesar 73,78 tahun, naik sebesar 0,55, rata-rata lama sekolah tahun 2023 mencapai 8,36 tahun naik sebesar 0,16, pengeluaran perkapita pada tahun 2023 sebesar 10,59 juta rupiah naik sebesar 418 ribu rupiah dari tahun sebelumnya.

Melihat tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 sebesar 2,25 persen atau sebesar 4.272 jiwa dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami kenaikan sebesar 0,15 persen dimana pada tahun 2022 sebesar 2,10 persen. Sampai saat ini sektor pertanian masih menyerap sekitar 80 persen tenaga kerja, angka tersebut menjadikan Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten dengan tingkat pengangguran terendah se-Provinsi Lampung.

Pada 2024 beberapa capaian prestasi yang berhasil diraih Kabupaten Lampung Barat diantaranya, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-14 kali, penghargaan pelestarian bahasa daerah pada mei 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), penghargaan Anugerah Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2024 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanaan RI, penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) tahun 2024 dari Kemeterian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, rekomendasi terhadap celugam dan pepenyok sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain itu, Kabupaten Lampung Barat untuk ke-2 kalinya secara berturut-turut kembali mendapat penghargaan Apreasiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) tahun 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Atas keberhasilan tersebut dirinya mengajak kepada semua pihak agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Menghindari tindakan-tindakan atau isu-isu tidak bertanggung jawab yang bernuansa politik maupun yang bersinggungan dengan suku, agama, ras dan golongan yang dapat memecah belah, memicu permusuhan, pertikaian dan perbuatan anarkis yang mengganggu keamanan dan perekonomian masyarakat berturut-turut kembali mendapat penghargaan APPI tahun 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Sementara, ketua DPRD sementara Sri Nurwijayanti, menyampaikan apresiasi atas capaian-capaian Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di bawah kepemimpinan Nukman.

"Dalam kurun dua tahun ini telah banyak prestasi dan penghargaan yang ditorehkan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di bawah kepemimpinan bapak Nukman sebagai Pj. Bupati," ujarnya.

Sri berharap penghargaan yang telah di raih Pemerintah Kabupaten Lampung Barat selama ini agar dapat menjadi pemacu semangat ke depannya, "jangan sampai justru malah membuat terlena ke depannya," ucapnya.

"Mari kita bersatu bekerja sling bahu- membahu agar cita-cita Kabupaten Lampung Barat yang belum tercapai ke dpnnya dapat di raih," pungkasnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos