Perkuat Akreditasi Unggul, UIN Raden Intan Lampung Hadapi Audit Eksternal ISO

img
Rektor Prof Wan Jamaluddin saat menyampaikan sambutan pada Audit Eksternal ISO (1)

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung ( RIL) terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan dengan menyelenggarakan Audit Stage-1 ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 yang dilaksanakan secara daring pada awal Oktober 2024.

Audit ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat capaian Akreditasi Unggul yang telah diraih beberapa bulan yang lalu.

Proses audit dilakukan oleh auditor dari British Standards Institution (BSI), diantaranya Widiyanto Lukito, Imam Fahrurozi, dan Eri Pradhana, diawali dengan pemeriksaan terhadap Rektorat dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), yang selanjutnya akan mencakup Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Adab, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), serta Pascasarjana. Sementara itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) telah lebih dulu memperoleh sertifikasi ISO.

Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, dalam sambutan sekaligus membuka dimulainya audit eksternal ini, Rabu (02/10/2024), menyampaikan bahwa audit ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan UIN Raden Intan Lampung untuk semakin mengukuhkan kualitasnya.

“Hari ini menandai titik awal sebuah perjalanan penting bagi UIN Raden Intan Lampung. Kita bersama-sama memulai persiapan untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2015. Hal ini bukan mimpi, tetapi komitmen kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan di UIN Raden Intan Lampung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof Wan menegaskan bahwa pencapaian Akreditasi Unggul yang diraih UIN RIL akan diperkuat dengan diraihnya sertifikasi ISO.

“Keberhasilan meraih Akreditasi Unggul adalah bukti nyata dari dedikasi kita semua. Sertifikasi ISO 9001:2015 ini akan memperkuat pencapaian tersebut dan merupakan langkah penting dalam Continual Quality Improvement.”

Menurutnya, penerapan Sistem Manajemen Terpadu yang mencakup Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), serta pengelolaan lingkungan berbasis ISO 14001:2015, memerlukan kerja keras dan dedikasi seluruh sivitas akademika. “Dengan semangat kebersamaan, saya yakin kita bisa mencapai tujuan mulia ini,” tambahnya.

Rektor juga menyoroti beberapa manfaat yang akan diperoleh UIN RIL melalui sertifikasi ISO ini. Pertama, audit ini menegaskan komitmen UIN RIL terhadap peningkatan kualitas pendidikan dengan memastikan kurikulum yang mutakhir, proses pembelajaran yang efektif, dan sistem penilaian yang objektif. Langkah ini juga akan mempersiapkan lulusan UIN RIL untuk bersaing di kancah global dengan ilmu pengetahuan dan karakter Islami yang unggul.

Selain itu, sertifikasi ISO ini akan mendukung layanan administrasi, akademik, dan kemahasiswaan yang semakin prima dengan standar yang cepat, tepat, dan transparan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan seluruh stakeholders, mulai dari mahasiswa, dosen, staf, hingga mitra kerja.

Tak hanya itu, Prof Wan juga menekankan pentingnya reputasi institusi, di mana dengan diraihnya sertifikasi ISO 9001:2015 ini, kepercayaan masyarakat dan mitra terhadap UIN RIL akan semakin kuat, sekaligus membuka peluang kolaborasi lebih luas.

Lebih lanjut, ia juga menekankan penerapan Sistem Manajemen Terpadu yang akan menanamkan budaya kerja berkualitas dan akuntabel di seluruh sivitas akademika. Budaya ini diharapkan mampu meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan universitas. Sertifikasi ISO ini juga akan memperkuat daya saing UIN RIL di era globalisasi, menjadikannya lebih unggul dibanding perguruan tinggi lainnya, sekaligus meningkatkan daya tarik bagi mahasiswa dan mitra potensial dari berbagai negara.

Ia menyebut, sertifikasi ini bukan hanya langkah untuk saat ini, namun juga investasi jangka panjang untuk masa depan UIN Raden Intan Lampung.

Rektor berharap dengan pelaksanaan Audit Stage-1 ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 ini, UIN RIL mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan secara objektif, sehingga langkah-langkah perbaikan dapat diambil dengan lebih terarah dan efektif.

“Dengan kerja sama yang solid dari seluruh sivitas akademika, saya yakin kita akan mampu mewujudkan UIN Raden Intan Lampung yang semakin berkualitas dan berdaya saing,” pungkasnya.

Adapun Audit Stage-2 akan berlangsung di bulan November mendatang yang direncanakan secara luring.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos