Tekab 308 Tulangbawang Ungkap Kasus Pengancaman dengan Senjata Api Ilegal

img
Tersangka kasus pengancaman dengan senjata api ilegal.

MOMENTUM, Menggala--Tekab 308 Presisi Polres Tulangbawang, Polda Lampung, mengungkap kasus pengancaman dengan menggunakan senjata api ilegal yang terjadi di Kampung Gedung Meneng Induk, Kecamatan Gedung Meneng, kabupaten setempat.

"Pelaku dalam kasus pengancaman dengan menggunakan senjata api ilegal yang terjadi pada , Kamis (03-10-2024), sekitar pukul 06.30 WIB itu yakni pria berinisial TI (38), warga Kampung Gedungmeneng Induk, Kecamatan Gedungmeneng, sedangkan korbannya pria berinisial DI (40), yang juga masih satu kampung dengan pelaku," kata Kasat Reskrim, AKP Indik Rusmono, mewakili Kapolres Tulangbawang, AKBP James H Hutajulu, Senin (07-10-2024).

Adapun barang bukti (BB) yang disita Tekab 308 Presisi dari tangan pelaku dalam kasus pengancaman dengan menggunakan senpi ilegal yakni satu pucuk senpi ilegal jenis revolver warna silver, dan satu butir amunisi aktif call 5,56.

"Pelaku inisial TI ini menyerahkan diri ke Mapolres Tulangbawang hari Minggu (06/10/2024), sekitar pukul 12.00 WIB, dengan diantar langsung oleh pihak keluarganya, setelah itu pelaku langsung dilakukan pemeriksaan dan penahanan," kata AKP Indik Rusmono.

Dia melanjutkan, sebelum menyerahkan diri, Tekab 308 Presisi sudah melakukan upaya paksa dengan mendatangi langsung tempat kejadian perkara (TKP) di hari kejadian yakni Kamis (03-10-2024), sekitar pukul 11.00 WIB, tapi pelaku sudah melarikan diri dan tidak ada lagi di rumahnya, sehingga Tekab 308 Presisi langsung memberikan imbauan secara tegas kepada pihak keluarga agar pelaku segera menyerahkan diri.

"Kami juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang melihat langsung kejadian pengancaman dengan menggunakan senpi ilegal tersebut, dan juga sudah dilakukan pra rekonstruksi di TKP yang berada tidak jauh dari rumah korban," papar AKP Indik.

Kasat Reskrim menambahkan, hasil pemeriksaan yang dilakukan, motif pelaku melakukan pengancaman dengan menggunakan senpi ilegal adalah berawal dari terjadinya keributan antara keluarga pelaku dengan keluarga korban.

Sehingga pelaku mengeluarkan senpi ilegal dan menembakkan ke atas sebanyak satu kali untuk menakuti korban, agar korban takut pada pelaku. Selain itu, pelaku juga merasa sakit hati kepada keluarga korban karena keluarga pelaku cekcok dengan keluarga korban.

"Pelaku saat ini sudah kami lakukan penahanan di Mapolres Tulangbawang dan dikenakan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951 atau Pasal 335 ayat 1 ke-1 KUHPidana," imbuhnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos