Kelurahan Yosodadi Hantarkan Pemkot Metro Raih Upakarya Wanua Nugraha

img
Pjs Walikota Metro Descatama Paksi Moeda menerima tropi Upakarya Wanua Nugraha dan Lurah Yosodadi Winarni, menerima tropi juar lomba kelurahan tingkat nasonal

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas komitment dan prestasi Pemkot Metro dalam memajukan desa dan kelurahan.

Penyerahan penghargaan yang diterima langsung Pjs Walikota Metro Descatama Paksi Moeda itu berlangsung di  Gedung Ksirarnawa Komplek Art Center Bali, Selasa (8-10-2024) malam.

"Ini adalah hasil kerja keras kita bersama, sehingga Kelurahan Yosodadi, Kota Metro meraih juara lomba desa atau kelurahan tingkat nasional. Semoga ini menjadi pemicu prestasi untuk kedepannya,” kata Descatama.

Dia menerangkan, lomba desa/kelurahan tingkat nasional tersebut sebagai tindaklanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Lomba ini merupakan ajang evaluasi dan penilaian perkembangan desa/kelurahan bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang dilakukan secara berjenjang mulai, dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat Regional,” jelasnya.

"Ini Kerja keras Kota Metro dalam membawa nama baik Provinsi Lampung patut di apresiasi karena Kota Metro berhasil memboyong kembali Penghargaan Lomba Desa Tingkat Nasional Regional 1 tahun 2024" tambahnya

Pjs. Walikota Metro Descatama Paksi Moeda bersyukur atas perolehan ini, ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang sudah bahu-membahu untuk mencapai prestasi ini.

Diketahui, Kelurahan Yosodadi, Kota Metro terpilih menjadi perwakilan Provinsi Lampung, dalam perwakilan Lomba Desa Tingkat Nasional Regional I Tahun 2024 ini. 

Kelurahan Yosodadi berhasil melalui tahap seleksi yang ketat untuk berhasil lolos ke tahap pemaparan melalui Pengumuman Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI Nomor: 1834/Peng/DIT.V/VIII/2024.

Beberapa program inovatif yang ditonjolkan oleh Kelurahan Yosodadi sendiri meliputi bidang pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, lingkungan hidup, dan partisipasi masyarakat, meliputi Smart Village, Pelayanan Si Playon, Bank Sampah, Nuwo Curhat, Kampung Pengangguran, UMKM Susu Kambing, Saka Sabai serta inovasi berbasis masyarakat lainnya.

Pada kesempatan itu, penghargaan yang sama juga diberikan kepada Pj. Gubernur Lampung Samsudin dan sejumlah kepala daerah lainya di Indonesia.(rio) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos