Polres Tulangbawang Barat Ajak Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

img
Satuan Lalulintas Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) sosialisasi di SMAN 1 Tulangbawang Tengah. Foto. Solihin.

MOMENTUM, Panaragan -- Untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan para pelajar dalam berlalulintas, Satuan Lalulintas Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) melakukan sosialisasi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tulangbawang Tengah.

Kegiatan dalam rangkaian Oprasi Zebra Krakatau tersebut,  petugas memberikan pemahaman tentang pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menggunakan helm saat berkendara, serta larangan menggunakan kendaraan bermotor bagi siswa yang belum memiliki SIM.

Selain memberikan materi, Satlantas Polres Tubaba juga mengajak siswa berperan aktif menjadi "Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas" di lingkungan sekolah dan masyarakat. Langkah ini diharapkan dapat membantu menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, khususnya yang melibatkan generasi muda.

Kasatlantas Polres Tulangbawang Barat Iptu Deni Saputra, menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut merupakan bagian dari strategi preventif kepolisian dalam menciptakan kultur berlalu lintas yang aman dan tertib sejak usia dini. 

"Kami berharap para siswa dapat memahami betapa pentingnya keselamatan saat berkendara dan bisa menjadi contoh bagi lingkungan sekitarnya," ungkapnya, mendampingi Kapolres Tubaba AKBP Sendi Antoni, Rabu (16/10/2024).

Lebih lanjut Deni menekankan, bahwa Operasi Zebra Krakatau 2024 tidak hanya fokus pada penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas, tetapi juga edukasi dan pendekatan ke sekolah-sekolah sangat penting karena banyak pelanggaran di jalan yang melibatkan pengendara usia muda.

"Dengan kegiatan ini, kami ingin membangun kesadaran kolektif bahwa keselamatan berlalu lintas bukan hanya tanggung jawab polisi, tetapi juga seluruh masyarakat, termasuk para pelajar," tegasnya.

Ia menjelaskan, Operasi Zebra Krakatau 2024 akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan dengan fokus pada sejumlah pelanggaran lalu lintas diantaranya penggunaan helm standar, berkendara melebihi kecepatan, hingga larangan melawan arus. 

"Upaya ini diharapkan dapat mengurangi pelanggaran dan menekan angka kecelakaan, khususnya di Kabupaten Tulangbawang Barat dan sekitarnya," harapnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos