Lambar Bagikan Seragam Gratis untuk Siswa Baru di Empat Kecamatan

img
Penjabat (Pj) Bupati Lambar Nukman. Foto. Sulemy.

MOMENTUM, Liwa -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) kembali distribusikan seragam sekolah gratis kepada siswa sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs di empat kecamatan. Kebuntebu, Sumberjaya, Gedungsurian, dan Airhitam, Kamis (17/10/24).

Seragam sekolah gratis bagi siswa didik baru tahun ajaran 2024-2025 itu dibagikan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Lambar Nukman.

Untuk Kecamatan Sumberjaya dan Kebuntebu dipusatkan di SD Negeri 1 Tri Budi Syukur, Pekon (Desa) Tribudisyukur, Kecamatan Kebuntebu.

Sementara untuk Kecamatan Gedungsurian dan Airhitam dipusatkan di SMP Negeri 1 Airhitam.

Penerima seragam gratis di Kebuntebu berjumlah 705 siswa, Sumberjaya 790 siswa, Gedungsurian 512 siswa, dan Airhitam berjumlah 629 siswa. Masing-masing siswa menerima satu stel seragam batik.

Perwakilan wali murid, Maman Sudarman mengatakan sangat terbantu dengan adanya program seragam gratis tersebut.

"Atas nama masyarakat, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat atas program seragam sekolah gratis ini," ucapnya. 

"Progam ini sangat membantu, kami bersyukur. Ucapan terima kasih dari kami masyaraat, atas program yang peduli masyarakat," ucapnya.

Sementara Pj. Bupati Lambar Nukman menyatakan, pembagian seragam sekolah gratis merupakan program Semua Bisa Melanjutkan Sekolah yang telah berjalan dari tahun 2017 dibawah naungan kepemimpinan Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin.

"Pemberian seragam gratis bagi siswa sekolah ini merupakan lanjutan program unggulan semua bisa melanjutkan sekolah," ujar Nukman.

Nukman juga mengatakan masing-masing siswa semestinya menerima tiga stel seragam sekolah gratis. Akan tetapi dengan adanya pengurangan anggaran pasca terjadinya wabah covid-19 sehingga di tahun ini para siswa dipaksakan menerima satu stel seragam saja.

Namun Nukman menjanjikan, di tahun depan 2025 tepatnya, tiga stel seragam akan kembali diterima para siswa secara utuh.

Sebab kata Nukman, di tahun ini Pemkab Lampung Barat sudah menganggarkan untuk suksesnya program seragam sekolah gratis, hanya saja tinggal menunggu persetujuan dari DPRD.

Dengan adanya program ini diharapakan mampu mengurangi beban atau biaya yang dikeluarkan oleh orang tua murid untuk menyekolahkan anaknya.

"Ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah untuk memajukan dunia pendidikan khususnya untuk siswa-siswi sd/smp dan MTs," kata Nukman.

Pembagian seragam sekolah gratis ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dan diharapkan dapat meningkatkan dan menunjang kualitas pendidikan di kabupaten Lampung Barat.

"Diharapkan dengan kegiatan ini akan memberikan dorongan untuk lebih memotivasi sekaligus dorongan bagi anak-anak didik kita agar mampu melanjutkan sekolah dan lebih berprestasi," harapnya.

Selain itu, Nukman juga mengharapkan kepada para kepala sekolah dan dewan guru agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Lampung Barat.

"Karena saudara-saudara merupakan ujung tombak pendidikam  di kabupaten Lampung Barat," jelasnya.

"Selanjutnya, lingkungan pendidikan juga perlu diperbaiki agar dapat memberikan kenyamanan bagi para siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar," katanya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos