Puluhan Guru di Waykanan Ikut Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Awan Penggerak

img
Pelatihan pemanfaatan platform aplikasi Awan Penggerak untuk para guru di Kabupaten Waykanan

MOMENTUM, Blambanganumpu--Puluhan guru dari jenjang pendidikan  taman kanak-kanak hingga SMA sederajat di Kabupaten Waykanan, mengikuti pelatihan pemanfaatan platform teknologi aplikasi awan penggerak.

Pelatihan yang diselenggarakan Balai Pelayanan Platform Teknologi Kemendikti Reiset dan Teknologi itu berlangsung di SD Negeri Umpukencana, Kecamatan Blambanganumpu, Selasa (22-10-2024).

Duta Teknologi Provinsi Lampung Yuni Sudiasih mengatakan, pelatihan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga pengajar tentang pemanfaatan awan penggerak yang menjadi bagain dari Platform Merdeka Mengajar (PPM).

"Jadi awan penggerak ini adalah PMM versi offline, yang bisa dimanfaatkan untuk daerah-daerah yang singalnya sulit," kata Yuni.

Aplikasi Awan Penggerak hadir sebagai solusi konkret untuk mengatasi tantangan kesulitan signal dalam penerapan PPM.

"Dengan Awan Penggerak, para pendidik di Kabupaten Waykanan dapat lebih mudah mengakses berbagai sumber belajar yang berkualitas, mengikuti program pengembangan profesional, dan berbagi praktik dengan rekan sejawat,tanpa perlu terhubung dengan internet," terangnya.

Dia berharap, dengan aplikasi Awan Penggerak dapat  mempercepat peningkatan kualitas pembelajaran di setiap sekolah di Kabupaten Waykanan.

"Kabupaten Waykanan memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan Awan Penggerak, kita dapat mewujudkan visi menciptakan generasi muda Waykanan yang cerdas, kreatif dan berkarakter," harapnya.

Kepala Balai Guru Penggara Provinsi Lampung Rohimat dalam sambutanya menyampaikan  terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan dan peluncuran aplikasi Awan Penggerak, khususnya di Kabupaten Waykanan. 

Menurut dia, saat ini kesulutan signal masih menjadi kendala banyak daerau di Indonesia untukmengakses layanan pendidikan yang berkualitas. Terlebih lagi, keterbatasan akses internet di beberapa daerah khusus dan satuan pendidikan lainya semakin memperumit upaya dalam meningkatkan kompetensi para pendidik.

"Dengan hadirnya aplikasi Awan Penggerak, kita telah membuka lembaran baru dalam dunia pendidikan. Awan Penggerak merupakan sebuah inovasi yang dirancang khusus untuk mengatasi kesenjangan akses dan mutu layanan pendidikan," kata Rohimat. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos