Perayaan Kopi Kultur Indonesia, Jacoweek 2024 Digelar di BSD City

img

MOMENTUM, Jakarta -- Mandiri presents Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2024, sebuah perayaan tahunan kopi kultur Indonesia yang telah memasuki tahun kesembilan, akan kembali digelar pada 1-3 November 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Jacoweek 2024 persembahan Bank Mandiri, kembali hadir membawa tema Celebration. Sebuah bentuk apresiasi terhadap pelaku industri, barista, hingga penikmat kopi yang saling mendukung terhadap kemajuan industri kopi serta mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan kopi dunia. 

Memasuki 2024, Indonesia banyak mengukir prestasi membanggakan. Termasuk menjadi juara pada berbagai kompetisi kopi dunia, hingga meningkatnya popularitas kopi asal Indonesia. Hal ini didukung oleh Badan Pusat Statistik Indonesia yang menyatakan bahwa kopi robusta, terutama kopi robusta tidak digongseng atau tidak digoreng tanpa minyak masih menjadi komoditas ekspor kopi yang dominan sepanjang Januari-September 2024. Bahkan terus mengalami peningkatan permintaan dari luar negeri.

Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week, mengungkapkan, “Sejak awal diadakan, Jacoweek memiliki misi untuk menjadi sebuah platform yang mempertemukan komunitas, petani hingga pelaku industri kopi dan F&B lokal atau pun internasional. Tahun ini, ‘Celebration’ menjadi konsep yang kami bawa, sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pihak yang bahu-membahu membangun komunitas kuat yang saling berkontribusi terhadap perkembangan industri kopi Indonesia. Tepat 21 tahun lalu (2003), untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti kejuaraan barista dunia dan kini juara utama kompetisi barista dunia, dipegang oleh Indonesia. Inilah semangat selebrasi yang ingin kami bawa dan sebarkan untuk kemajuan kultur kopi spesialti Indonesia melalui perhelatan Jacoweek 2024.”

Jacoweek yang konsisten diadakan setiap tahun, berkembang menjadi sebuah platform pertemuan strategis bagi pelaku industri kopi dengan konsep one-stop shopping solution yang menghadirkan berbagai kegiatan seputar kopi dan F&B secara langsung bagi konsumen pecinta kopi. Memiliki visi dan misi yang sama terhadap perkembangan industri kopi, Jacoweek 2024 mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri sebagai mitra perbankan resmi perhelatan ini.

Serlina Sari Wijaya, Senior Vice President Digital Marketing Group - Bank Mandiri, turut menyampaikan, “Bank Mandiri sepenuhnya mendukung perkembangan industri kopi di Indonesia, dukungan Bank Mandiri ini tidak lepas dari gaya hidup masyarakat saat ini yang melakukan konsumsi kopi secara regular. Sebagai mitra perbankan resmi Jacoweek 2024, kami memastikan bahwa pengunjung akan mendapatkan pengalaman bertransaksi yang lebih mudah dan seamless selama penyelenggaraan acara.”

Serlina menambahkan, Mandiri presents Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2024 diharapkan dapat membuka peluang baru bagi industri kopi Indonesia yang memiliki potensi besar. Sebagai pendukung utama, Bank Mandiri akan sepenuhnya memberikan dukungan terhadap pengembangan industri serta pelaku usaha kopi melalui acara ini sehingga dapat terus meningkatkan kualitas kopi Indonesia.

Tahun ini, Jacoweek 2024 juga akan menghadirkan berbagai aksi seru, kolaborasi inovatif, dan beragam eksibisi dari pelaku industri kopi Indonesia. Salah satu kolaborasi sinergis, Jacoweek juga turut antusias menyambut World of Coffee Jakarta yang akan diadakan di Indonesia untuk pertama kalinya, pada Mei 2025 mendatang dan diselenggarakan secara resmi oleh SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia). 

“Sebagai salah satu pioneer coffee exhibition di Indonesia, kami turut senang melihat Jacoweek konsisten diselenggarakan setiap tahunnya sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan industri kopi spesialti. Tema selebrasi yang dibawa sungguh menggambarkan antusias semua pelaku industri untuk memajukan dunia kopi Indonesia. Harapan kami, dengan menjadi tuan rumah dari World of Coffee Jakarta, nama Indonesia akan semakin harum di mata dunia, dimana bukan hanya kualitas kopinya saja yang diakui namun juga para talenta berbakat yang ada di industri kopi ini,” ungkap Daryanto Witarsa selaku Chairman of Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Mandiri presents Jacoweek 2024 akan menampilkan lebih dari 168 brand terkait kopi dan teh, baik lokal maupun internasional, termasuk pemenang penghargaan, ahli kopi, produsen, dan distributor mesin kopi dan teh, serta petani kopi dari seluruh Indonesia. Untuk menambah keseruan, Jacoweek 2024 juga membuka lima kategori kompetisi yang menarik dan menantang, yaitu Tarung Tiga, Nordic Roasting Challenge, Iron Tongue, Indonesia Coffee in Good Spirits Championship, dan Jacoweek Cup of The Year. Tak hanya itu, sebagai bagian dari konsep ‘Celebration’, perhelatan ini akan menghadirkan Coffee Bar experience, dimana pengunjung berkesempatan menikmati kopi yang dibuat langsung oleh para coffee champion yang telah menjuarai berbagai kompetisi kopi nasional ataupun internasional.

Keberhasilan Jakarta Coffee Week dari tahun ke tahun, tak lepas dari dukungan para sponsor yang merupakan para expert di dunia kopi dan F&B. Tahun ini, secara spesial turut mendapat dukungan dari UbruKopi, NOD., 32DO, Roemah Koffie, Sudi Jaya Globalindo, Ellenka Professional, Promag Herbal dan Indomilk sebagai official milk sponsor.

“Pada pelaksanaan kegiatan ini, Bank Mandiri bersama Jacoweek juga memberikan serangkaian program promo, salah satunya adalah Upsize Rp1 pada beberapa merchant yang berpartisipasi yaitu Anomali Kopi, Animo, Roemah Koffie, hingga Kyo Coffee. Selama perhelatan Jacoweek 2024 berlangsung, nasabah Bank Mandiri bisa mendapatkan Cashback atau Diskon hingga 50% menggunakan QRIS Livin' by Mandiri serta Mandiri Debit, Kredit dan Livin’poin,” tambah Serlina Sari Wijaya.

Pengunjung juga dapat membeli tiket langsung seharga Rp35 ribu per pax dengan menggunakan produk-produk Bank Mandiri seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, QRIS Livin’, dan Kartu e-money. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos