Nilai Sumpah Pemuda untuk Kuatkan Karakter Bangsa

img
Penjabat Bupati Tulangbawang Barat Muhammad Firsada. Foto. Solihin.

MOMENTUM, Panaragan -- Nilai-nilai Sumpah Pemuda 1928 harus selalu didengungkan untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia.

Pesan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tulangbawang Barat Muhammad Firsada para upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 di lapangan Pemkab Tubaba, Senin 28 Oktober 2024.

Menurutnya, peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengekstraksi langkah bangsa Indonesia mewujudkan target-target Pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target Pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas.

"Sebagai subjek Pembangunan sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor Pembangunan Nasional bahkan pada agenda SDG (Sustainable Development Goals) Perserikatan Bangsa yang merupakan agenda global," katanya.

Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan. 

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah "Maju Bersama Indonesia Raya". Tema ini menyampaikan pesan kepada semua untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera. 

Upaya tersebut dilakukan dalam bentuk Upaya pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasikan dengan sebaik-baiknya, baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah. 

"Peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. Peran ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing," ungkapnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos