KPU Lampung Jadwalkan Verifikasi Faktual 12 Parpol

img
Komisioner KPU Lampung Bidang M Tio Aliansyah saat memberikan keterangan terkait verifikasi faktual di ruang kerjanya, Rabu (24/1). Foto:Agung Darma Wijaya

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menjadwalkan pelaksanaan verifikasi faktual bagi 12 partai politik peserta Pemilu 2014.


Hal itu disampaikan Komisioner KPU Lampung Bidang M Tio Aliansyah, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/1).


Tio menjelaskan, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), verifikasi faktual harus dilakukan bagi  seluruh partai politik,  baik peserta pemilu 2014 atau partai politik baru.


"MK sudah memutuskan kalau semua parpol harus dilakukan verifikasi faktual, baik yang sudah pernah jadi peserta pemilu ataupun yang belum semua disetarakan," jelas Tio.


Dia menjelaskan, untuk tingka provinsi, pelaksanaan verifikasi faktual tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai 28 hingga 30 Januari 2018. Akan tetapi, KPU Lampung akan melaksanakan verifikasi pada Senin (29/1) dan Selasa (30/1).


"Pelaksanaannya secara teknis tiga hari, tapi verifikasi akan dilakukan pada Senin dan Selasa," ujarnya.


Untuk tingkat kabupaten/kota, pelaksanakan verifikasi faktual akan dilaksanakan pada 30  Januari hingga 1 Februari mendatang.


Dia menjelaskan,  setelah verifikasi faktual dilaksanakan, akan langsung diumumkan hasilnya. Sehingga, dapat langsung dilaksanakan perbaikan, bagi partai politik yang belum memenuhi syarat.


Kemudian, penetapan partai peserta pemilu 2019 akan diumumkan KPU pada 17 Februari mendatang.


"Tanggal 31-nya langsung diumumkan hasilnya. Kemudian perbaikan berkas pada 1 Februari mulai perbaikan berkas. Karena 17 Februari sudah pengumuman," jelasnya.


Dia menerangkan, pada pelaksanaan verifikasi faktual, KPU Lampung telah membentuk lima tim yang akan melakukan verifikasi  faktual.


"Kami sudah bentuk lima tim, untuk menunjang efektifitas verifikasi faktual, karena waktunya yang sangat sempit. Satu tim nanti ada yang memverifikasi tiga partai dan ada yang dua," terangnya.


Meski begitu, KPU Lampung akan melaksanakan bimbingan teknis terkait pelaksanaan verifikasi faktual pada Jumat (26/1) besok. Sehingga, verifikasi faktual dapat berjalan efektif, dengan waktu yang singkat hanya tiga hari.


"Jumat nanti kita lakukan bimtek dulu, terkait verifikasi faktual. Ini saya lagi mau ke Jakarta, untuk mengikuti  rakor," tutupnya.


Terpisah, Wakil Ketua DPD PDIP Bidang Politik Hukum dan Keamanan Watoni Noerdin menyatakan, partai besutan Megawati Soekarno Putri itu siap untuk dilakukan verifikasi faktual.


"Kalau PDIP siap di verifikasi, baik kepengurusan, keanggotaan, keterwakilan perempuan dan kepemilikan kantor. Bahkan, keterwakilan perempuan di PDIP melebihi 30 persen," jelas Watoni di ruang kerjanya.


Dia menjelaskan, untuk jadwal verifikasi faktual, DPD PDIP Lampung akan dilaksanakan pada Selasa (30/1) mendatang. Pada verifikasi faktual tersebut, seluruh pengurus DPD PDIP Lampung akan hadir langsung. 


"Jadwalnya kan dari 28 sampai 30 Januari, tapi kami memilih di tanggal 30-nya. Yang rencananya akan dihadiri oleh seluruh pengurus," terangnya.


Adapun 12 parpol yang akan diverifikasi faktual yakni, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Golkar. Kemudian, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).(adw)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos