Wisatawan Nusantara ke Lampung Capai 8,8 Juta

img
?Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Didik Suprayitno membuka Garuda Travel Fair Phase I 2018 di Mal Boemi Kedaton. Foto. Ica.

Harianmomentum.com--Wisatawan nusantara yang berkunjung ke Lampung pada 2017 mencapai 8,8 juta orang atau berada di posisi sembilan secara nasional. 


Jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Lampung itu lebih tinggi dibandingkan yang melancong ke Bali sebanyak 8,5 juta orang atau berada di posisi 11 nasional.


Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Didik Suprayitno mengungkapkan data kunjungan wisatawan nusantara itu berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Telkom.


"Kesuksesan ini berkat dukungan dari smua pihak termasuk Garuda Indonesia," ujar Didik, Jumat (16/3/2018), saat membuka Garuda Travel Fair Phase I 2018 di Mal Boemi Kedaton (MBK) Bandarlampung, yang berlangsung pada 16-18 Maret 2028.


Menurut dia, destinasi wisata di Provinsi Lampung yang paling banyak dikunjungi ialah  Anak Krakatau, Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Tanjung Setia, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). 


Kegiatan GATF yang diadakan Garuda Indonesia bekerja sama dengan Bank Mandiri ini, menurut Didik, turut mendorong peningkatan pariwisata di Lampung.


"Provinsi Lampung wilayah yang strategis untuk binis penerbangan. Hal ini juga didukung pemerintah dengan memaksimalkan Bandara Raden Inten II menjadi bandara international. Garuda Indonesia diharapkan bisa menambah rute Lampung agar semakin menarik," katanya.


Dengan tarif penerbangan yang makin terjangkau, membuat animo masyarakat menggunakan jasa penerbangan semakin tinggi. Diharapkan semakiin banyak perusahaan yang ikut berpartisipasi, sehingga kunjungan wisatawan ke Lampung makin tinggi.


Kepada Garuda Indonesia juga Pemerintah Provinsi Lampung mengharapkan bisa membuka rute international dari Lampung, agar dapat membantu menambah pendapatan daerah.


"Kalau ke Jakarta terus, uangnya masuk Jakarta. Jadi kalau bisa ada international, karena  Jakarta juga sudah full," kata Didik.


Sementara Vice President Revenue Management PT Garuda Indonesia, Reza Aulia mengatakan, GATF merupakan ajang tahunan yang digelar dua kali dalam setahun. 


GATF dibuka secara serentak di 29 kota besar di Indonesia, termasuk di Lampung. Kegiatan ini menggandeng berbagai mitra Garuda Indonesia, seperti agen perjalanan, biro perjalanan umroh, Bank Mandiri dan perusahaan lainnya.


Even ini memberikan penawaran harga spesial tiket Garuda Indonesia, yang hanya bisa didapatkan di ajang ini. Tujuannya, mendorong jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lampung


Disebutkan, promo tiket penerbangan dari Lampung ke Jakarta hanya Rp200 ribuan; ke Palembang Rp300 ribuan, Batam Rp400 ribuan, Medan Rp600 ribuan, Yogyakarta Rp700 ribuan, Denpasar dan Lombok Rp800 ribuan dan Labuan Bajo Rp1 jutaan.


Untuk rute internasional terbang dari Lampung (pergi-pulang) tujuan Singapura Rp2 jutaan, Kuala Lumpur Rp1,8 jutaan, Hongkong Rp3,6 jutaan, Shanghai Rp5,3 jutaan, Seoul Rp5,1 jutaan, Osaka Rp5,2 jutaan, Tokyo Rp6 jutaan, Melbourne Rp6 jutaan, Amsterdam Rp9,8 jutaan dan London Rp9,8 jutaan.


Selin mendukung pertumbuhan pariwisata nasional, GATF merupakan salah satu upaya strategis Garuda Indonesia dalam mengoptimalkan pasar potensial di wilâyah Indonesia Barat, khususnya Provinsi Lampung dan sekitarnya.


Hadir pada pembukaan Plt. Wali Kota Bandarlampung, M Yusuf Kohar, Kepala Bank Mandiri Area Lampung, Jan Wiston Tambunan, serta jajaran Forkopimda Lampung. (ica).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos