Modus Gandakan Uang, Suwarno Tipu Korban Jutaan Rupiah

img
Kompol Suharto. Foto. Acw

Harianmomentum.com--Kasus penipuan dengan modus penggandaan uang kembali terjadi di Kota Bandarlampung.

 

Kali ini, pelakunya bernama Suwarno (42), warga Jalan Rasuna Said, Gang Burung, Kelurahan Pengajaran, Kecamatan Telukbetung Utara, Bandarlampung.

 

Tercatat, sebanyak tujuh korban dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah tertipu Suwarno yang mengaku punya jin sakti yang mampu menggandakan uang dari korban.

 

Hal itu dikatakan Kapolsek Telukbetung Utara, Kompol Suharto saat diwawancarai awak media, Rabu, 4 Juli 2018.

 

“Saat ini tersangka telah diamankan dan masih menjalani penyidikan lebih lanjut untuk mengetahui sejauh mana aksinya,” kata Suharto.

 

Suharto menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara, tersangka sudah melakukan penipuan terhadap tujuh orang,  “Kerugian korban kalau ditotal mencapai ratusan juta rupiah,” ujar Suharto.

 

Dalam aksinya, pelaku menipu korban dengan dalih memiliki jin sakti yang dapat menggandakan uang. “Biasanya dia minta uang terlebih dulu kepada korban. Alasannya untuk membeli perlengkapan berupa menyan dan lain-lain,” jelasnya.

 

Saat diintrogasi petugas, tersangka yang berprofesi sebagai buruh itu mengaku nekat melakukan penipuan tersebut lantaran sakit hati pernah tertipu dengan modus serupa.

 

“Dulu dia juga pernah ditipu. Tapi di Pulau Jawa kasusnya,” ucap Suharto.

 

Kepada petugas tersangka juga mengatakan, korban yang hendak digandakan uangnya harus menyerahkan uang terlebih dahulu, minimal sebesar Rp10 juta.

 

“Di depan mereka (korban) uang itu dimasukkan ke dalam kotak biskuit yang sudah disimpan dalam kardus lalu dibungkus kain putih (kafan),” jelasnya.

 

Setelah tersangka berpura-pura membaca mantra didepan korban, uang yang telah dibungkus kalin kafan tersebut diambil kembali oleh tersangka lalu diserahkan ke korban. Namun, hanya Rp1 juta saja. Sementara yang Rp9 juta diambil tersangka.

 

“Dia katakan kepada mereka (korbannya) untuk tidak membuka bungkusan kain putih itu. Bila dibuka jin saya akan marah,” ungkapnya. (acw).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos