Mahasiswa Baru ITERA Wajib Ikut Lestarikan Lingkungan

img
Mahasiswa Itera saat praktek di kampus Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan./ist

Harianmomentum.com--Mahasiswa baru Institute Teknologi Sumatera (ITERA) yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 diwajibkan untuk ikut dalam upaya pelestarian lingkungan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh harianmomentum.com, Senin (9/7), mahasiswa baru wajib membawa dua anakan pohon dari provinsi asal minimal tinggi 100 centi meter (cm) yang sudah diberikan nama tanaman, asal daerah, dan mahasiswa yang bersangkutan.

Hal ini adalah sebagai kontribusi mahasiswa baru dalam bentuk kontribusi civitas academia dalam pelestarian lingkungan hidup almamater.

Humas ITERA Ellin mengatakan, kegiatan ini memiliki filosofi sebagai simbol kesempurnaan transisi siswa SMA menjadi mahasiswa di kampus tersebut.

Kemudian, kata dia, kegiatan itu juga kontribusi mahasiswa baru sebagai bagian dari keluarga civitas akademia yang datang dari berbagai daerah, kelak akan tumbuh besar dan siap menaungi serta memberikan keteduhan di sekitarnya (setelah 4 tahun berada di ITERA).

Selanjutnya, adopsi pohon merupakan ketekatan diri yang siap menjadi bagian dari perubahan (iklim) dan peradaban ramah lingkungan.

"Bibit dan anakan tumbuhan sudah diberikan informasi seperti ditulis di kertas kuning dengan spidol hitam, kertas dilaminating dengan ukuran setengah A4," kata Ellin.

Untuk informasi mengenai bibit dan anakan pohon bisa dilihat dalam website resmi Itera http://usm.itera.ac.id.

Sementara itu, berdasarkan data calon mahasiswa ITERA yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 sebanyak 1.856 orang.

Bagi nama-nama yang lolos seleksi, diminta segera mengisi dan melengkapi dokumen pada Data Isian Mahasiswa (DIM) melalui alamat website http://dim.itera.ac.id/ paling lambat 12 Juli 2018.

ITERA merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru di Provinsi Lampung yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 124 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Sumatera tanggal 6 Oktober 2014, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) ditunjuk sebagai pembinanya. Ke depannya, ITERA diharapkan mampu menjadi perguruan tinggi dengan reputasi dan kualitas setara dengan ITB.

Sesuai namanya, ITERA tidak hanya berdiri untuk memajukan Lampung, tetapi juga bisa berkonstribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya, dan Indonesia serta dunia, melalui keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan.

Pada Tahun Akademik 2018/2019, ITERA akan menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (SMMPTN-BARAT). Serta pada tahun 2018, ITERA akan menerima 2500 mahasiswa pada 21 Program Studi yang ada.

Calon mahasiswa ITERA juga berkesempatan mendapat beasiswa kuliah melalui program BIDIK MISI. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos