Warga Pringsewu Tewas Tersengat Listrik

img
Aparat Polsek Sukoharjo melihat jasad Sarwono usai visum di Puskesmas Sukoharjo./ist

Harianmomentum.com--Sarwono (40) warga Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu tewas akibat tersengat listrik.

Hal itu diketahui setelah aparat Polsek Kecamatan Sukoharjo melakukan pengecekan ke lokasi penemuan Sarwono di teras rumah milik Sudirman warga Pekon Waringinsari Barat Kecamatan Sukoharjo, Minggu (21/10).

Kepastian itu juga diperkuat hasil pemeriksaan fisik korban oleh Dokter Puskesmas Sukoharjo dr Rinto.

Bahkan dari hasil pemeriksaan, ditemukan kabel penyebab korban tersengat listrik dan keterangan medis serta terlihat fisik korban terdapat luka bakar di perut sebelah kiri dan luka lecet kaki sebelah kiri.

Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, Kapolsek Sukoharjo AKP Wahidin mengatakan, bahwa korban Sarwono tersengat listrik pada Minggu (21/10) siang saat dirinya akan mengankat karung berisi pupuk.

Mendapat laporan itu, pihak Kepolisian melakukan pengecekan TKP dan korban juga berkoordinasi dengan pihak terkait, guna meminta keterangan serta pengumpulan bahan keterangan saksi-saksi. Aparat juga mengamankan barang bukti berupa gulungan kabel PLN.

AKP Wahidin menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi-saksi, kejadian bermula ketika korban bersama rekannya Marsidi (50) sedang mengangkut Pupuk yang terletak di teras rumah Sudirman (36). Namun, didekat tumpukan pupuk kandang tersebut ada tiga gulungan kabel jalur listrik PLN yang sedang dalam tahap pembuatan jalur baru sebagai pengganti kabel lama, diduga kabel masih teraliri listrik.

"Saat itu, ketika korban mencoba mengangkat karung pupuk, secara tidak sengaja mengenai gulungan kabel milik PLN dan salah satu gulungan kabel tersebut jatuh dan menimpa kaki hingga perut korban, mengakibatkan luka bakar di perut sebelah kiri dan luka lecet di kaki sebelah kiri," jelas Kapolsek Sukoharjo.

Dia memaparkan, setelah konfirmasi dari petugas PLN, gulungan kabel tersebut belum teraliri listrik karena baru tahap pemasangan, namun diduga kemungkinan kabel menempel di salah satu kabel yang sudah teraliri aliran listrik sehingga gulungan kabel yang menimpa korban tersebut ada aliran listriknya.

Setelah dilakukan visum di Puskesmas Sukoharjo, jenazah di bawa pulang ke rumah korban di Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Pringsewu guna dimakamkan.

"Untuk sementara pihak korban menyatakan akan berkoordinasi dengan keluarga besar mengenai langkah yang akan ditempuh selanjutnya baik menuntut secara hukum atau pun menerima kejadian tersebut sebagai musibah," imbuh Kapolsek AKP Wahidin.(lis)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos