Tanggamus Kembangkan Kawasan Alpukat dan Durian

img
Dewi Handajani. Foto. Glh.

MOMENTUM, Pulaupanggung--Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengembangkan kawasan buah alpukat dan durian dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi.

Pada tahun ini, pemkab memberikan bantuan bibit kepada para petani yang tersebar di 28 pekon/desa di sembilan kecamatan. Bantuan itu diberikan melalui 26 kelompok tani dan dua kelompok wanita tani.

"Pada tahun ini, pemkab memberikan bantuan 4.500 bibit alpukat mentega dan 2.500 bibit durian montong merah," kata Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Tanggamus, Hasanudin pada penanaman bibit alpukat dan durian di Lapangan Pekon Kemuning, Pulaupanggung, Kamis (26-9-19).

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani yang menghadiri acara itu mengatakan, pengembangan kawasan buah alpukat dan durian merupakan program pemkab untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Dewi mengharapkan dukungan semua pihak agar program ini berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi petani dan masyarakat.

Kabupaten Tanggamus memiliki geografis yang luar biasa, tanaman dapat tumbuh subur, curah hujan yang cukup. "Tinggal bagaimana kemampuan masyarakat dan pemerintah memanfaatkan untuk mewujudkan kesejahteraan  masyarakat," katanya.

Selain bantuan bibit, kata dia, diperlukan penguatan kemampuan dan kapasitas kelompok tani dan kelompok wanita tani.  Sehingga apa yang diharapkan ke depan bisa berkembang secara berkesinambungan dan lebih maju.

"Saya berharap, Gapoktan dan Kelompok Wanita Tani, tidak hanya menjual produk mentah, tapi menjual produk yang bernilai tambah dengan menawarkan hasil olahan," katanya. 

Hadir pada kegiatan itu, Asisten ll FB. Karjiono, Staf Ahli Bupati Firman Rani, Camat Pulaupanggung Agustam Hamid, para pejabat kecamatan dan desa di daerah itu. (glh/jal).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos