Tinjau Dermaga Eksekutif, Gubernur Minta ASDP Gandeng UMKM

img
Caption: Gubernur Arinal Djunaidi menguji coba pembelian tiket menggunakan sidik jadi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, kemarin.// Agung DW

MOMENTUM, Bakauheni--Gubernur Arinal Djunaidi meminta PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) menyiapkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni.

Hal itu disampaikan Arinal saat meninjau Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Selasa (1-10-2019).

Gubernur mengatakan guna mengembangkan Dermaga Eksekutif, perlu adanya langkah kreatif dan inovatif. Salah satunya melalui penyediaan berbagai produk UMKM.

"Kita sudah diberi Dermaga Eksekutif, tinggal kita saja mengembangkannya. Misalnya dengan produk makanan ringan, tapis dan kopi Lampung, serta hasil UMKM lainnya," kata gubernur.

Tidak hanya itu, gubernur berharap adanya produk lokal yang memang sudah dikenal. "Seperti teri asin medan. Sebenarnya itu berasal dari Pulau Pasaran, Bandarlampung. Cuma memang namanya menggunakan teri asin Medan. Maka kita harus memaksimalkannya," sebutnya.

Karena itu, gubernur juga meminta pemerintah kabupaten/kota yang memiliki produk khas dari daerahnya masing-masing untuk diberikan ruang di Dermaga Eksekutif.

Baca Juga : Asik, Rest Area Km 215 JTTS Siap Beroperasi

Mantan Sekprov Lampung itu menargetkan pengisian UMKM di dermaga tersebut dapat selesai pada 5 Oktober mendatang.

"Jadi mulai dari sekarang harus sudah disiapkan dengan baik. Kita harus menunjukkan dan menampilkan yang terbaik," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyebut pemerintah kabupaten setempat memiliki belasan binaan UMKM.

Karena itu, Nanang meminta pengelola Dermaga Eksekutif dapat memberikan ruang bagi UMKM di Lampung Selatan.

"Sebetulnya kami sudah mengajukan surat permohonan tempat. Karena kami memiliki UMKM yang sangat luar biasa," jelas Nanang.

Dia menerangkan hal tersebut untuk mengenalkan budaya dan kerajinan Lampung Selatan yang merupakan pintu masuk Provinsi Lampung. 

Sementara, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi menyatakan siap menyambut kedatangan Jokowi di Lampung.

Ira juga berkomitmen akan memberikan tempat khusus bagi Dekranasda se-Lampung untuk memamerkan hasil kerajinannya di dermaga tersebut.

"Saya berjanji akan memberikan tempat khusus bagi Dekranasda. Kami memastikan tanggal 5 nanti sudah bisa berjalan," ujar Ira. (adw/ap)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos