Pemkot Metro Juga Liburkan Sekolah

img
Walikota Metro Achmad Pairin

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro menerapkan kebijakan meliburkan sekolah selama dua pekan untuk mengatisipasi penularan virus corna. Kebijakan tersebut mulai berlaku sejak 16 hingga 29 Maret.

"Seluruh SD, SMP, termasuk PAUD, TK dan kelompok berlajar, untuk sementara kita liburkan. Ini untuk mengatisipasi kemungkinan penularan virus corona," kata Walikota Metro Achmad Pairin pada Harianmomentum.com, Senin (16-3-2020).

Meski libur, walikota mengimbau warga tidak berpergian. Apa lagi ke luar daerah.

"Kita imbau warga untuk tidak berpergian ke mana-mana. Perbanyak di rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," imbaunya.

Selain meliburkan sekolah, Pemkot Metro juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait antisipasi penularan virus corna.

"Kita terus sosialisasi kepada masyarakat untuk antisipasi penularan virus corona," ujarnya.

Menurut Pairin, virus Corona bisa hidup pada iklim di bawah 27 derajat Celsius.

"Kalau di Metro suhu iklimnya 30 derajat Celsius. Insyaallah aman dari virus ini karena virus ini hidup di iklim 27 derajat Celsius," ucapnya.

Penularan virus, lanjut dia, dapat terjadi melalui sentuhan dan air liur.

"Menularnya itu kalau kita berbicara terlalu dekat. Jadi kalau kita berbicara ya jaga jarak minimal dua meter. Lalu bisa juga menular dengan berjabat tangan. Karena biasanya kalau kita batuk pasti ditutup dengan tangan, lalu bersalaman. Untuk mengantisipasinya, cuci tangan jika usai beraktifitas," paparnya.

Dia mengimbau, warga untuk tetap menerapkan pola hidup bersi dan sehat karena itu cara paling efektif mengantisipasi penularan virus corona.(**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar




Leave a Comment